Badan Hisab Tasikmalaya; Kamis 1 September 2016 Hilal Belum Bisa Di Ru'yah

Baiturahman News - Penyelenggara Syariah Kantor Kementerian Agama Kota Tasikmalaya bersama Badan Hisab Rukyat Daerah (BHRD) akan melaksanakan rukyat hilal pada hari Kamis (1/09/2016) besok. Tim Ru'yah dipimpin langsung oleh Kepala Penyelenggara Syariah Drs. Asep Toni Supriatna, MH didampingi oleh 2 orang pegawai Binsyar dan beberapa orang dari BHRD Kota Tasikmalaya.

Menurut informasi dari Badan Hisab Ru'yah Tasikmalaya ada kemungkinan hilal tidak bisa dilihat karena pada Kamis tanggal 1 september 2016 besok tinggi hilal masih di bawah 0 derajat atau berada di bawah ufuk. 
Husna Mustafa salah satu pegawai penyelenggara syariah menambahkan bahwa menurut kesepakatan MABIMS (Majelis Agama Islam Brunai Darussalam, Indonesia, Malaysia dan Singapura) bahwa batas imkanur rukyat adalah hilal sudah berada minimal pada ketinggian 2 derajat di atas ufuk mariy. Dengan syarat berumur minimal 8 jam dengan sudut elongasi minimal 3 derajat.
Umur hilal pada hari kamis besok adalah 01 jam 47 menit jadi kemungkinan hilal belum bisa dirukyat karena hilal belum wujud namun begitu mengenai ketetapan tanggal 1 Dzulhijjah tentunya kita menunggu hasil sidang isbat Kementerian Agama RI yang insya Allah akan dilaksanakan pada hari Kamis.
sumber: jabar.kemenag.go.id

Subscribe to receive free email updates: