Sumedang Selenggarakan Sertifikasi Dewan Hakim Tilawah

Baiturahman News - Kementerian Agama Kabupaten Sumedang melalui seksi Bimbingan Masyarakat Islam menyelenggarakan kegiatan sertifikasi Dewan Hakim Tilawah bertempat di Aula Gedung Sarana penunjang Pendidikan Kantor Kementerian Agama, Kamis (25/8) pekan lalu.
Kepala Seksi Bimas Islam Kantor Kemenag Sumedang H. Darmo, S.Ag. mengatakan bahwa Dewan Hakim MTQ/STQ merupakan salah satu unsur utama dalam rangka menciptakan Sumber Daya Manusia Qurani yang akan ikut berperan dalam usaha pembentukan sumber daya manusia potensial dalam pembangunan. Maka  untuk menetapkan pengakuan kepada seseoarang sebagai Dewan Hakim yang profesional dipandang perlu ditetapkan melalui Sertifikasi Dewan Hakim Tingkat Kabupaten Sumedang;


Sertifikasi Dewan Hakim, ditambahkan Kepala Kantor Kemenag Sumedang, Hasen, S.Ag. M.Si, sebagai wujud peningkatan profesionalisme lembaga pengembangan Tilawatil Quran. Selain itu pelaksanaan sertifikasi Dewan Hakim Tilawatil Quran juga sebagai wujud peningkatan profesionalisme dewan hakim dalam menduduki posisi sentral karena berorientasi pada peningkatan kualitas baik pada jalur formal, informal, maupun non formal.

Maka dengan diselenggarakannya Sertifikasi Dewan Hakim, diharapkan Dewan Hakim berperan secara aktif dan menempatkan kedudukannya sebagai tenaga profesional, sesuai dengan tuntutan masyarakat yang semakin berkembang. Dewan Hakim tidak semata mata sebagai penilai tetapi juga sebagai pengajar yang melakukan transfer ilmu pengetahuan, spiritual, dan hidayah.

"Mari kita jadikan Al-Qur'an sebagai landasan moral, baik dalam kehidupan pribadi, kehidupan keluarga, maupun dalam kehidupan masyarakat, untuk senantiasa berbuat kebaikan, menjauhkan diri dari kejahatan dan kemungkaran. Hindarkan diri kita dari sikap sombong, takabur, dan iri dengki, dengan mengedepankan sikap saling menghargai, toleransi, dan saling mengasihi," pungkas Husen.
sumber: jabar.kemenag.go.id

Subscribe to receive free email updates: