Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

Amalan Agar Saat Meninggal Dicatat Sebagai Orang Mati Syahid

Foto BRNews
Hal yang didambakan oleh kaum muslim adalah meninggal dalam keadaan sebagai syahid. Dalam Islam, untuk mendapatkan status meninggal sebagai syahid ini tidak harus mati di medan perang, melainkan banyak amalan-amalan lain yang bisa mengantarkan seseorang meninggal dalam keadaan syahid.

Di antara amalan yang bisa mengantarkan seseorang meninggal dalam keadaan dicatat sebagai syahid adalah membaca doa yang diajarkan oleh Rasulullah Saw kepada Sayidah Aisyah sebanyak 25 kali. Doa yang dimaksud adalah sebagai berikut:

‘Allahumma barikli fil mauti wa fima ba‘dal maut’

Ya Allah, berkahilah aku dalam matiku dan nanti setelah mati.

Amalan ini berdasarkan riwayat Imam Al-Thabrani dalam kitab Mu’jam Al-Ausath dan disebutkan oleh Al-Haitsami dalam kitab Majma’uz Zawaid. Riwayat dimaksud adalah sebagai berikut:

Dari Abi Salamah, dari Sayidah Aisyah, dia berkata; Wahai Rasulullah, apakah syahid hanya orang yang mati di jalan Allah? Maka Rasulullah Saw menjawab; Jika demikian, maka orang-orang yang mati syahid dari kalangan umatku akan sedikit. Barangsiapa setiap hari sebanyak 25 kali mengucapkan ‘Allahumma barikli fil mauti wa fima ba‘dal maut’, kemudian dia mati di tempat tidurnya, maka Allah akan memberinya pahala mati syahid.

https://bimasislam.kemenag.go.id/post/berita/amalan-agar-saat-meninggal-dicatat-sebagai-syahid

Post a Comment for "Amalan Agar Saat Meninggal Dicatat Sebagai Orang Mati Syahid"