Terbitkan Paspor Haji, Kemenag Bukittinggi Gandeng Imigrasi dan Perbankan Syariah

Pembuatan paspor haji di Kemenag Kota Bukittinggi. Foto BRNews/Ditjen PHU
Untuk memberikan pelayanan terbaik sekaligus percepatan penyelesaian dokumen Haji, Kantor Kementerian Agama Kota Bukittinggi bersama Imigrasi Kelas II non TPI Agam dan satu Bank Syariah melakukan kegiatan Eazy Passport, Selasa (18/01/2022). 

Kasi Penyelenggara Haji dan Umrah Kantor Kemenag Kota Bukittinggi, Tri Andriani Djusair menyampaikan bahwa kegiatan Eazy Paspor merupakan layanan pembuatan Paspor secara kolektif dilakukan tanpa jamaah datang ke Kantor Imigrasi. 

"Kegiatan Eazy Paspor ini dalam rangka persiapan  haji tahun 1443 H/2022 M. Dalam upaya penyelesaian dokumen paspor jamaah haji ini, kemenag Kota Bukittinggi bersama Imigrasi kelas II Agam memberikan pelayanan dalam pengurusan paspor secara cepat kepada jamaah haji yang paspornya sudah expired/hilang/rusak," jelasnya. 

Sebelumnya Kemenag Kota Bukittinggi sudah mengelar rapat agar jemaah haji kota Bukittinggi yang akan membaharui paspornya tidak lagi datang ke Imigrasi II Agam, akan tetapi cukup datang ke Kemenag Kota Bukittinggi dengan membawa persyaratan. 

Nantinya petugas dari imigrasi yang datang ke Kantor Kemenag untuk proses penerbitan paspor serta untuk pembayaran paspor petugas salah satu perwakilan Bank Syariah juga datang di Kemenag sehingga jemaah tak lagi bolak balik melakukan pembayaran.

Tri mengatakan bahwa kerjasama layanan publik yang dilakukan ini bertujuan untuk memudahkan pengurusan paspor jemaah dengan memutus mata rantai pengurusan yang lama antara lain jemaah tidak perlu lagi pergi ke imigrasi yang jaraknya cukup jauh dari kota Bukittinggi. 

“Dengan demikian  program percepatan ini diharapkan lebih efektif dan efisian,” jelas Tri dikutip dari website Ditjen PHU.

Sementara itu, Kepala Kemenag Kota Bukittinggi Kasmir menyampaikan apresiasi dan terimakasih atas kesediaan pihak Imigrasi dan pihak perbankan yang sudah bisa melayani langsung di Aula Kantor Kementerian Agama Kota Bukittinggi. 

"Kami bersama jajaran bertekad akan terus memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat khususnya jemaah haji Kota Bukittinggi. Dengan Eazy Paspor ini jemaah Haji Kota Bukittinggi bisa terbantu dalam mengurus paspor karena  pelayanan diberikan dalam satu tempat," tuturnya. (hms|ulul)

Post a Comment for "Terbitkan Paspor Haji, Kemenag Bukittinggi Gandeng Imigrasi dan Perbankan Syariah"