Kemenag Siapkan Asrama Haji Bekasi Jadi Karantina Kepulangan Jamaah Umrah

Asrama Haji Bekasi. Foto Dok BRNews/Ist
Kementerian Agama melalui Ditje Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU) kini tengah menyiapkan Asrama Haji Bekasi menjadi karantina kepulangan jemaah umrah yang baru tiba di Tanah Air.

Hal itu disampaikan Direktur Pelayanan Haji Dalam Negeri Ditjen PHU Saiful Mujab saat meninjau Asrama Haji Bekasi. Selasa (18/01/2022).

Turur hadir dalam peninjauan itu Kepala UPT Asrama Haji Bekasi Aep Saefuzaman, perwakilan dari Direktorat Bina Umrah dan Haji Khusus Muhammad, Ali Mustahar, Dince Irianto serta jajaran UPT Asrama Haji Bekasi.

"Meninjau Kesiapan Asrama Haji Bekasi sebagai altetnatif tempat karantina kepulangan jemaah umrah," kata Saiful.

Dikatakan, Dirjen PHU telah memintanya agar para Penyelenggara Perjalanan Ibadah Umrah (PPIU)  bisa memanfaatkan asrama haji. PPIU saat ini masih menggunakan fasilitas hotel sebagai tempat karantina kepulangan jemaah umrah.

Kedepannya, katanya menambahkan, Kemenag akan memberlakukan dua pintu keberangkatan dan kepulangan jemaah umrah, yakni Asrama Haji Pondok Gede sebagai pintu keberangkatan dan Asrama Haji Bekasi sebagai karantina kepulangan  umrah..

"Nanti akan digunakan 2 pintu, Asrama Haji Pondok Gede sebagai pemberangkatan dan Asrama Haji Bekasi sebagai karantina kepulangan," jelas Saiful seperti dilansir Humas Ditjen PHU.

Maka dari itu, pihaknya ingin Asrama Haji segera berbenah diri, menata protokol kesehatannya mulai dari pintu masuk sampai fasilitas saat jemaah umrah berada dikamarnya.

"Tadi telah kita lihat kondisi, saya minta betul Asrama Haji Bekasi untuk menata  prokes mulai dari pintu masuk dan kamarnya, pencahayaan, sirkulasi pengudaran serta kebersihannya yang baik nanti akan dilihat satgas Covid19," tuturnya lagi.

Ia juga meminta jajaran Asrama Haji untuk memberikan fasilitas yang terbaik dan senyaman mungkin. "Sediakan juga dokter jaga 24 jam yang selalu standby untuk memantau terus kesehatan jemaah umrah," tegasnya. (hms|alfa).

Subscribe to receive free email updates: