Kementerian Haji Saudi Rampingkan Syarat Mahrom Untuk Jamaah Wanita

Jamaah haji wanita keluar hotel menuju masjid al-Haram
Arab Saudi telah membatasi wali laki-laki dari wanita Muslim yang ingin melakukan haji tahun ini, yang akan dibatasi untuk warga negara Saudi dan orang asing yang tinggal di kerajaan.

Kementerian Haji dan Umrah telah mengecualikan paman dari pihak ayah dan ibu dari perwalian seorang wanita yang ingin memiliki tanggungan laki-laki selama haji.

Sekarang, daftar wali laki-laki dirampingkan menjadi ayah, saudara laki-laki, suami atau putra peziarah wanita. Wali yang berwenang harus telah terdaftar secara terpisah untuk melakukan haji.


Pekan lalu, kementerian mengatakan bahwa wanita Muslim yang ingin melakukan haji tahun ini akan diizinkan untuk mendaftar tanpa wali laki-laki.

Menurut kementerian yang sama, wanita yang mendaftar untuk ziarah akan diizinkan untuk melakukannya bersama dengan kelompok wanita lainnya.

Arab Saudi telah mengatakan bahwa karena kelanjutan Covid-19 dan variannya, melakukan haji tahun ini akan dibatasi untuk 60.000 jemaah yang dipilih dari Saudi dan penduduk Muslim asing di kerajaan.

Jemaah haji yang memenuhi syarat harus divaksinasi dengan setidaknya satu dosis terhadap Covid-19, bebas dari penyakit kronis dan berusia antara 18 hingga 65 tahun.

Lebih dari 500.000 Muslim sejauh ini telah mendaftar untuk melakukan ritual haji tahun ini, Kementerian Haji mengumumkan. Laki-laki menyumbang 59 persen dari mereka yang telah mendaftar sementara sisanya 41 persen adalah perempuan, tambahnya.


Haji tahun lalu dilakukan oleh sejumlah orang Saudi dan Muslim asing yang tinggal di Arab Saudi untuk menahan penyebaran Covid-19.

Lebih dari 2 juta Muslim biasanya melakukan haji, yang merupakan salah satu dari lima rukun Islam. (gulfnews)

Subscribe to receive free email updates: