Kegiatan Daring di MAN 3 Karawang, Guru Memberikan Kemandirian Siswa Berinovasi

Pandemi Covid-19 yang masih terjadi  di seluruh Indonesia membuat  penerapan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) di sekolah/madrasah diperpanjang. Kreatifitas dan inovasi para guru dituntut untuk menciptakan kondisi PJJ yang efektif dan menarik bagi para peserta didik.

Para guru yang ada di MAN 3 Karawang terus berupaya menciptakan suasana belajar jarak jauh (daring) yang menarik dan menciptakan kemandirian siswa dalam proses pembelajarannya.

Upaya para guru yang dilakukan diantaranya dengan mengikuti webminar, mencari referensi belajar daring di internet dan berdiskusi dengan rekan guru lainnya.

Ada beberapa metode belajar yang sudah diterapkan para guru  di MAN 3 Karawang, diantaranya penugasan pembuatan video, penugasan pembuatan brosur/resume pembelajaran, penugasan pembuatan film sejarah dan praktek mandiri di rumah.

Baca Juga: MAN 3 Karawang Siap Jadi Madrasah Aliyah Plus Keterampilan

Tetapi hal itu tidak serta mudah dilaksanakan bagi peserta didik maupun guru. Karena ada beberapa kendala, mulai dari signal yang kurang baik dan masalah kuota internet para siswa.

Baca Juga: Bursa Kerja MAN 3 Karawang Salurkan Lulusannya yang Ingin Bekerja

Salah seorang guru yang selalu memberikan tugas mandiri siswa adalah Indayat Subekti, S.Si. Indayat mengajar mata pelajaran Biologi Kelas X.

Dalam setiap daringnya ia selalu memberikan tugas mandiri kepada para siswanya. Ia berharap dengan tugas mandiri yang diberikan, para siswa tidak merasa jenuh dan para siswa dapat mengembangkan potensi kemampuan yang dimilikinya. (kemenag|alfa|ulul).


Post a Comment for "Kegiatan Daring di MAN 3 Karawang, Guru Memberikan Kemandirian Siswa Berinovasi"