Menag Resmikan Institut Daarul Qur'an di Tangerang



Foto Humas Kemenag
Menteri Agama Fachrul Razi hari  Kamis (5/3/2020) meresmikan Institut Daarul Qur'an yang berada di Cipondoh, Kota Tangerang, Banten. Dalam kesempatan itu Menag menyerahkan Surat Keputusan  tentang  Izin Pendirian Institut Daarul Qur'an yang diterima pimpinan Daarul Qur'an Ustaz Yusuf Mansyur.

 "Alhamdulillah, pada hari ini kita bersama-sama menyaksikan peresmian Institut Daarul Qur’an ini. Semoga dengan diresmikannya Institut ini memberikan kemaslahatan dan kontribusi nyata dalam membangun negara yang kita cintai ini," ujar Menag.
 
Institut Daarul Qur'an saat ini membuka Fakultas Ushuluddin, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, serta Fakultas Tarbiyah dan Keguruan.  Menag menaruh harapan besar pada mahasiswa Institut Daarul Qur'an  untuk senantiasa memiliki mentalitas yang sangat baik.  "Jiwanya selalu disinari oleh Al Qur’an. Fikirannya selalu diasah untuk mengungkap
makna dan kandungan dalam Al Qu’ran," harap Menag.

  "Perilakunya akan dituntun oleh Al Qur’an. Tentu, semangatnya juga tidak pernah lapuk, dan tidak mudah tergoyahkan, sebagaimana Al Qur’an," lanjutnya. Kepada civitas akademika Institut Daarul Qur'an,  Menag menyampaikan sejumlah harapannya.

Baca juga: Melalui Masjid Yusuf Mansyur Ajak Kembangkan Ekonomi Umat 

 "Pertama, tolong rumuskan secara matang, kaji secara teliti, dan jadikan sebagai khittah dari Institut  Daarul Qur’an ini, Apa yang membedakan antara Institut Daarul Qur’an dibanding dengan perguruan tinggi-perguruan tinggi lainnya? Apa distingsinya, sehingga ketika masyarakat luas mendengar atau melihat Institut Daarul Qur’an maka segera tergambar dalam benak masyarakat itu ada sesuatu yang dinilainya sebagai keunggulan tersendiri," terangnya.
 
Kedua, Menag mendorong agar penguatan akademik dan semangat keislaman dalam dunia perguruan tinggi, dalam hal ini melalui Institut Daarul Qur’an, menjadi penguat dalam memperkokoh ideologi kebangsaan. Keilmuan, keislaman, dan kebangsaan satu sama lain. Saling mengafirmasi dan menguatkan, bukan menegasikan dan/atau melemahkan.

 "Ini penting saya tekankan," tandasnya.

Ketiga, Menag menekankan untuk memperkuat mutu pendidikan tinggi kita.

Menurutnya, Institut Daarul Qur’an harus berkualitas, harus bermutu. Bukan hanya di tingkat nasional, tetapi juga tingkat internasional.

 Tampak hadir, Duta Besar Arab Saudi untuk Indonesia, Essam bin Abed Al-Thaqafi, pimpinan Pesantren Daarul Qur'an Ustaz Yusuf Mansyur, Walikota Tangerang Arif Rachadiano Wismansyah, Kepala Biro Humas, Data, dan Informasi Suhaili, Direktur Pendidikan Tinggi Islam Arskal Salim, Staf Khusus Menag  Ubaidillah Amin Moch, Kakanwil Kemenag Provinsi Banten Bazari Syam dan sejumlah undangan lainnya. (kemenag/alfa). <

Post a Comment for "Menag Resmikan Institut Daarul Qur'an di Tangerang"