MAN 2 Kukar Juara Umum “OSAGI” Kaltim 2019

kemenag kaltim
BRNews.id - Madrasah Aliyah Negeri 2 Kutai Kartanegara kembali menunjukkan prestasi gemilang di awal tahun 2019. Kali ini siswa yang tergabung dalam Kelompok Ilmiah Remaja sukses meraih juara 1, 2 dan 4 serta Juara Umum dalam ajang Olimpiade Sains Biologi (OSAGI) tingkat Provinsi Kalimantan Timur  2019.




Dilansir website Kemenag Prov. Kaltim menyebutkan, ajang ini diselenggarakan oleh Himpunan Mahasiswa Pendidikan Biologi FKIP Universitas Mulawaraman pada 11 – 13 Februari 2019 di GOR 27 September, Auditorium dan Microteaching Universitas Mulawarman Samarinda.

Pembina Olimpiade Biologi MAN 2 Kukar, Rais Budiarto, S.Pd., M.Si menyatakan bahwa MAN 2 Kutai Kartanegara mengirimkan 17 siswa untuk mengikuti kegiatan OSAGI ini yang terdiri dari 3 siswa mengikuti Lomba Olimpiade Biologi, 3 siswa mengikuti Lomba Mading 3D Biologi, 3 siswa mengikuti Lomba Cerdas Cermat Biologi, dan 8 siswa mengikuti Lomba Karya Tulis Ilmiah Biologi.

“Dari empat cabang yang diikuti, alhamdulilah di cabang Lomba Karya Tulis Ilmiah Biologi Siswa MAN 2 Kutai Kartanegara sabet 3 peringkat yaitu 1, 2 dan 4 sehingga MAN 2 Kukar berhak memperoleh gelar sebagai Juara Umum” ujar Rais

Ditambahkan Rais, siswa yang memperoleh juara tersebut yaitu Juara Pertama diperoleh oleh Siti Qoirunnisa dan Tri Purwita Sari dengan judul penelitian Pemanfatan Tumbuhan Kayu Apu (Pistia Stratiotes L.) sebagai Fitoremediator Ion Logam Kromium (Cr) pada Limbah Cair Sarung Samarinda.

Juara Kedua diperoleh oleh Nazifa Afiatusalihah, Muhammad Rizky dan Erlin Ermawati dnegn judul penelitian Uji Anti Jamur Ekstrak Daun Gandarusa (Justicia gendarussa Burm. F) terhadap Jamur Candida albicans; sedangkan peringkat Keempat dipeoleh oleh Fika Paramita, Nurjanah dan Brayen Novendra dengan judul penelitian Penggunaan Metode Elektrokoagulasi untuk Menetralkan COD, TDS, TSS, dan pH pada Limbah Cair Tahu (Home Industry) Menggunakan Elektroda Alumunium (Al).


Sementara itu Kepala MAN 2 Kukar, Taupin, S.Ag., M.Pd.I sangat bangga terhadap prestasi yang diraih oleh para siswa di awal tahun 2019 dan berharap prestasi ini dapat ditingkatkan di ajang yang lebih tinggi.

“Saya ucapkan selamat kepada para siswa dan pembimbingnya, ini merupakan prestasi yang sangat membanggakan bagi kita semua. Selama ini Kelompok Ilmiah Remaja merupakan salah satu ekstrakurikuler yang paling sering menyabet prestasi baik di tingkat kabupaten, provinsi maupun nasional. Prestasi yang diperoleh ini semakin membuktikan bahwa MAN 2 Kutai Kartanegara mampu berprestasi di berbagai bidang keilmuan. Saya berharap prestasi ini dapat memberikan inspirasi dan motivasi bagi kita semua untuk turut memberikan yang terbaik sesuai dengan bidangnya” harap Taupin.

Informasi sebelumnya, MAN 2 Kutai Kartanegara juga menyabet prestasi sebagai juara 3 Madrasah Kompetitif dan Madrasah Fantastik dalam ajang Madrasah Gemilang yang diselenggarakan oleh Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Kalimantan Timur. (azka/alfa). 

Subscribe to receive free email updates: