446 Jamaah Haji Prov. Gorontalo Tiba di Asrama Haji Gorontalo

BRNews-Sebanyak 446 jemaah haji bersama 5 orang petugas haji  yang tergabung dalam kelompok terbang (kloter) 25 UPG  asal Provinsi Gorontalo tiba di Asrama Haji Gorontalo, Selasa (18/9/18) pukul 04.55 WITA. Kloter 25 merupakan gabungan jemaah haji asal Kota Gorontalo dan Kabupaten Bone Bolango.  


Kedatangan Jemaah Haji yang terbagi 3 flight ini disambut Plt. Sekretaris Daerah Provinsi Gorontalo Anis Naki, Kakanwil Kemenag Provinsi Gorontalo Kudrat Dukalang, Bupati Bone Bolango Hamim Pou, Kadis Perhubungan Provinsi Gorontalo Jamal Nganro, Kakanwil Kemenag Sulut Abd. Rasyid, Wakil Ketua PPIH Hamka Arbie, dan Kabid PHU Mahmud Bobihu.

Kudrat Dukalang mengatakan, selama di tanah suci, secara umum jemaah dalam keadaan sehat wal’afiat. Beberapa orang jemaah memang dilaporkan mengalami sakit berat maupun ringan dan telah ditangani oleh petugas kesehatan, baik di Kloter, Klinik Sektor, Kantor Kesehatan Haji Indonesia (KKHI), maupun di Rumah Sakit Arab Saudi. 

"Meskipun demikian Alhamdulillah, jemaah yang menyelesaikan sendiri ibadah haji mereka maupun yang disafari wukufkan, seluruhnya dapat menyelesaikan ibadah haji dengan baik dan sempurna," tutur Kakanwil.


Ia menambahkan, ada perbedaan jumlah jemaah di kloter 25 UPG saat pemberangkatan dan saat kepulangan. Saat berangkat jumlah jemaah adalah 448 orang, akan tetapi yang tiba saat ini berjumlah 446 jemaah. Hal ini disebabkan ada satu jemaah yang meninggal dunia atas nama Hi. Abdul Radjak Igris asal Kota Gorontalo, dan satu jemaah bernama Ha. Kemala Lamusu Abdul Kadir asal Kota Gorontalo yang masih dirawat di Rumah Sakit Mekkah.

"Mari kita doakan almarhum. Juga kepada  yang sakit agar diberi kemudahan dan kesehatan sehingga  bisa berkumpul kembali bersama keluarga. Doa juga Insya Allah berkah dan rahmat tercurah pada kita sekalian. Semoga dengan peristiwa haji dapat menambah ketakwaan, melipatgandakan amal kebaikan, meneguhkan keimanan kepada Allah SWT, dan jemaah haji semua menjadi haji yang mabrur," tuturnya.

Sementara itu, Kabid PHU Kanwil Kemenag Provinsi Gorontalo Mahmud Bobihu mengatakan, Jemaah Haji Kloter 25 yang tiba ini mengawali rangkaian proses kedatangan Jemaah Haji asal Provinsi Gorontalo.

"Insya Allah Jemaah Haji berikutnya,Kloter 28 akan tiba di Gorontalo sesuai jadwal tanggal 20 September 2018  pukul 11.50  WITA, dan Kloter 29 tanggal 21 September pukul  06.15 WITA. Mohon doanya agar semuanya lancar. Untuk jemaah haji Kloter 25 selamat datang kembali di Bumi Serambi Madinah Provinsi Gorontalo," imbuhnya. (kemenag gorontalo/hms).

Subscribe to receive free email updates: