Kepuasan Layanan Haji Capai 85 Persen, Ini Penyebabnya
foto kemenag cirebon |
BRNews - Badan Pusat
Statistik (BPS) awal November lalu merilis, bahwa tingkat kepuasan jamaah haji tahun 2017
mencapai angka 84,85 persen. Angka ini sedikit lebih tinggi dibanding
tahun 2016 sebesar 83,83 persen. Ini menandakan
bahwa pelayanan pemerintah melalui Kementerian Agama menunjukkan trend
yang positif tiap tahunnya.
Hal tersebut disampaikan Kepala Kantor Kementerian Agama Kota
Cirebon Drs. H. Ahmad Sanukri, SH., MM, pada acara
Sosialisasi Pembuatan Paspor Calon Haji 2018 yang diselenggarakan
oleh Seksi Penyelenggara Haji dan Umrah di Kantor
Kementerian Agama Kota Cirebon (21/12)
“Tingkat kepuasan jamaah haji tidak akan
mungkin diraih tanpa peran jamaah haji itu sendiri dalam mengikuti
segala aturan yang ditetapkan,” ujarnya.
Sanukri mengatakan bahwa mematuhi
aturan ketika berhaji amatlah penting mengingat orang-orang dari seluruh
dunia berkumpul di tempat yang sama untuk tujuan yang sama.
“Dengan mematuhi aturan, hal-hal yang
tidak diinginkan dapat dihindari, misalnya penumpukan jamaah saat lempar
jumrah, dan seterusnya,” tegasnya.
Sementara Kepala Seksi Penyelenggara
Haji dan Umrah, Jajang Badruzaman, M.Ag. mengatakan segala aturan
dalam penyelenggaraan haji dibuat dengan mengutamakan kenyamanan,
keamanan, dan kekhusu’an para jamaah haji dalam beribadah. Atas
pertimbangan itu pula, sosialisasi ini diselenggarakan.
“Melalui sosialisasi, para calon haji
tahun 2018 dapat mengetahui hal-hal apa saja yang mesti dipersiapkan
sedari sekarang, di antaranya pembuatan paspor berdasarkan jadwal yang
telah ditetapkan oleh pihak Imigrasi,” pungkasnya.(kemenag cirebon).
<