Siswa MTsN 1 Malang Raih Peringkat Terbaik Enam Lomba MSI Tingkat Nasional

BRNews - Muhammad Abdillah Roikhan, siswa kelas 9L MTsN 1 Kota Malang, berhasil meraih peringkat terbaik enam  dalam Lomba Matematika, Sains, dan Bahasa Inggris (MSI) tingkat nasional. Lomba MSI ini diadakan oleh SMA Taruna Nusantara, Magelang, Jawa Tengah,  memperebutkan piala bergilir dari Menteri Pertahanan Republik Indonesia.

Sebanyak 655 siswa dari berbagai SMP/MTs se-Indonesia berpartisipasi dalam Lomba MSI. Lomba diawali dengan babak penyisihan, pada tahap ini peserta harus mengerjakan soal pilihan ganda sebanyak 80 soal yang terdiri atas mata pelajaran matematika, sains (biologi dan fisika) dan bahasa Inggris.
“Alhamdulillah saya bisa lolos dari babak penyisihan dan mengikuti semifinal. Di babak ini ada empat sesi yang harus saya ikuti,” jelasnya saat ditemui pada Selasa (31/10).
Pada babak semifinal para peserta harus mengerjakan problem solving (pemecahan masalah) pada materi matematika. Sedang bidang sains peserta harus melakukan praktikum, pada materi fisika Ihan (sapaan akrab M. Abdillah Roikhan) melakukan pembuktian tentang teori gravitasi bumi. Pada materi biologi dia melakukan uji kandungan makanan.
Terakhir, pada materi bahasa Inggris siswa kelas program olimpiade ini harus mengerjakan 20 soal listening (mendengarkan).
“Saya sangat bersyukur bisa meraih peringkat enam terbaik dari 655 peserta se-Indonesia. Apalagi di sini (Lomba MSI di SMA Taruna Nusantara, red) saya bisa berkompetisi dengan berbagai siswa yang pandai,” imbuh siswa yang terkenal ramah dan bersahabat tersebut.
Guru pendamping kegiatan, Zahratul Mufidah, menuturkan bahwa capaian Ihan ini luar biasa.
“Tahun lalu Ihan juga ikut lomba ini, namun hanya sampai peringkat 50. Sekarang ia bisa sampai peringkat enam terbaik. Anak ini benar-benar hebat dan semoga Ihan bisa masuk SMA Taruna melalui jalur undangan, karena memang ia berminat sekolah di sana,” jelas guru yang juga pembina KIR itu. (kemenag malang|mnm).

Post a Comment for "Siswa MTsN 1 Malang Raih Peringkat Terbaik Enam Lomba MSI Tingkat Nasional"