Siswa MTsN Lohsari Sulap Ban Sepeda Motor Bekas Jadi Tempat Sampah

BRNews - Siswa Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) Lohsari Kabupaten Labuhanbatu Selatan praktik mendaur ulang barang bekas Ban sepeda motor bekas menjadi tempat sampah yang sangat bermanfaat. Hasil praktek tersebut di pamerkan di halaman Madarash Senin, 23 Oktober 2017.

Di bawah bimbingan Nurhayati Harahap selaku PKM MTsN Lohsari, kegiatan ini merupakan lanjutan dari sebuah program kerja menjadikan lingkungan madrasah bebas dari sampah. 
Untuk mendukung kegiatan tersebut Nurhayati mengatakan bahwa seluruh komponen dalam madrasah mulai dari kepala madrasah, KTU, staf TU, guru dan tidak ketinggalan seluruh siswa turut berpartisipasi.
Nurhayati  mengatakan berbagai proses telah mereka lakukan secara bersama.  Sebelumnya seluruh siswa bersama-sama mengumpulkan ban sepeda motor bekas dan goni plastik. Kemudian ban dicuci sampai bersih dan mengeringkannya. 
Selanjutnya ban-ban tersebut dirangkai menjadi satu dengan cara mengikat ban bekas tersebut dengan kawat. Begitu ban tersebut sudah terangkai rapi dan kuat, maka mereka melakukan pengecatan. Ban dicat  berwarna warni agar lebih menarik perhatian. Warna  yang dipilih yaitu warna hijau,ungu dan kuning. Ban yang telah dicat diletakkan di tempat-tempat strategis. Dengan demikian diharapkan para siswa tidak lagi kesulitan ketika hendak membuang sampah.
Pada kesempatan tersebut Muhammad Nasir selaku Kepala Madrasah sangat mengapresiasi hasil-hasil karya dan kerjasama yang baik diantara komponen di MTsN Lohsari tersebut. Dia berharap dengan banyaknya tempat sampah dilingkungan madrasah dapat memberikan kemudahan bagi siswa untuk membuang sampah.
“Jadi dimanapun siswa jajan maka membuang sampah itu tidak sulit lagi bisa langsung buang ditempat sampah yang disediakan," jar Muhammad Nasir yang dilansir website sumut.kemenag.go.id. (kemenag|mnm).

Subscribe to receive free email updates: