Kompetisi Sains Madrasah Tingkat Provinsi Digelar Serentak

BRNews - Kompetisi Sains Madrasah (KSM) tingkat provinsi digelar serentak di seluruh Indonesia pada Rabu, 24 Mei 2017. Direktur Kurikulum, Sarana, Kelembagaan, dan Kesiswaan (KSKK) Madrasah M Nur Kholis Setiawan mengatakan, KSM merupakan event nasional, sehingga peserta yang ikut merupakan perwakilan terbaik seluruh provinsi di Indonesia.

"Dengan demikian, KSM merupakan ajang kompetisi siswa madrasah yang amat bergengsi karena melibatkan seleksi dari tingkat kab/kota dan provinsi," tegasnya di Jakarta, Selasa (23/5/2017).
Kasubdit Kesiswaan Dit. KSKK Madrasah Abdullah Faqih mengatakan, KSM diikuti para siswa-siswi MI, MTs, dan MA yang telah memenangkan seleksi di tingkat Kabupaten/Kota.
"Pemenang seleksi tingkat provinsi akan mengikuti KSM Tingkat Nasional yang akan diadakan pada 7-12 Agustus 2017 di DI Yogyakarta," ujarnya.
"Tujuan KSM adalah untuk mencetak ilmuwan muslim yang profesional dan berkarakter," sambungnya.
Adapun bidang yang dilombakan pada KSM, kata Faqih, untuk jenjang MI, terdiri dari: 1) Matematika dan Agama Islam, serta 2) IPA dan Agama Islam
Untuk tingkat MTs: 1) Matematika dan Agama Islam; 2) Biologi dan Agama Islam; serta 3) Fisika dan Agama Islam
Sedang untuk tingkat MA: 1) Matematika dan Agama Islam; 2) Fisika dan Agama Islam; 3) Biologi dan Agama Islam; 4) Kimia dan Agama Islam; 5) Ekonomi dan Agama Islam; serta 6) Geografi dan Agama Islam.
"Waktu pengerjaan soal sains 120 menit, sedang untuk soal agama 90 menit," terang Faqih.
Kepada para siswa, Kasubdit Kesiswaan mengingatkan beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam aturan penilaian, yaitu:
1. Total nilai per bidang 100
2. Nilai per soal sesuai kelompoknya, artinya tiap kelompok soal beda nilainya
3. Jawaban SALAH atau TIDAK menjawab, nilainya 0
4. Komposisi nilai total adalah 80%sains dan 20%PAI
5. TIDAK ADA Revisi Soal
(kemenag/mnm).

Subscribe to receive free email updates: