UIN Jakarta dan UIN Yogya Jadi Pilihan Faforit Lulusan Madrasah



foto humas pendis
BRNews - Seleksi Prestasi Akademik Nasional pada Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (SPAN PTKIN) memasuki tahap akhir. Proses penilaian dokumen sekolah dan siswa telah dilakukan, dan berakhir pada 25 April kemarin. 

Adapun hasil seleksi ini akan diumumkan pada1 Mei 2018 mendatang.
"Hasil seleksi ini harus dapat dipertanggungjawabkan secara akademik dan yuridis di hadapan publik", terang Ketua Panitia SPAN PTKIN Musafir dalam forum diskusi pembahasan dan penetapan kelulusan, di Jakarta, Kamis (26/04).
Menurutnya, pelaksanaan SPAN PTKIN harus adil, transparan, dan tidak diskrimatif.
Rektor UIN Makassar tersebut memaparkan bahwa jumlah peserta yang lulus SPAN PTKIN tahun ini sebanyak 86.151 mahasiswa.
Angka ini lebih tinggi dari rencana sebelumnya yang hanya 70.336. Kenaikan jumlah ini disebabkan banyaknya peminat lulusan madrasah dan sekolah untuk kuliah di PTKIN.
"Mereka tersebar di 1.155 program studi dari 57 PTKIN se Indonesia," tuturnya.
Kenaikan peserta lulus,  lanjut Musafir,  juga sejalan dengan tujuan seleksi, yakni memberikan perluasan akses pendidikan bagi pelajar Indonesia.
UIN Jakarta dan UIN Yogyakarta masih mendominasi dan jadi pilihan favorit lulusan madrasah dan sekolah untuk melanjutkan pendidikannya. Lebih dari 80ribu pendaftar menyerbu kedua PTKIN tersebut.

SPAN PTKIN dimulai sejak 2 Februari lalu dan melibatkan seluruh PTKIN di Indonesia.  Para panitia di masing-masing PTKIN bersinergi secara aktif dalam proses seleksi; mulai dari pengisian pangkalan data, pendaftaran, hingga seleksi dan pengumuman.
Hasil calon nama mahasiswa baru melalui jalur SPAN PTKIN ini dapat dilihat di website http://span-ptkin.ac.id/ mulai tanggal 1 Mei 2018 pukul 07.00 WIB. (kemenag.go.id).

Subscribe to receive free email updates: