Siswa MAN 2 Kota Bima Juara 2 Duta GenRe Tingkat Prov. NTB



BRNews - A.Rahman, Siswa MAN 2 Kota Bima  berhasil meraih juara terbaik 2 pada Ajang Pemilihan Duta Generasi Berencana (Genre) tahun 2018 tingkat Provinsi NTB. Malam penganugerahan digelar di Lombok Epicentrum Mall pada Senin, 23/04/2018. 

Hadir dalam acara itu Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi NTB, Dr. H. Lalu Makripuddin, M.Si, Sekda NTB, Ir. H. Rosiady Husaeni Sayuti, M.Sc, Ph.D dan Ketua DWP Provinsi NTB, Hj. Ikhsanty Kumala Rimbun Rosiady.
“MAN 2 Kota Bima merupakan sekolah yang pertama kali lolos hingga ke babak final sebagai peserta audisi dari kota dan kabupaten Bima. Makanya, saya bersyukur sekali kepada Allah SWT, karena saya sebagai pembina merasa bangga. Baru 1 tahun menjadi pembina Pusat Informasi Konseling  Remaja (PIK-R) MAN 2 Kota Bima, tapi telah berhasil mendidik anak cerdas seperti A. Rahman sehingga dapat mengukir prestasi pertama bagi Kota Bima dalam ajang pemilihan Duta Genre. Ini prestasi yang pertama kali untuk Kota Bima. Hal inilah yang membuat saya sangat bangga sebagai pembina PIK-R”, ungkap Haerunissah, S.Pd, selaku pembina PIK-R Genic MAN 2 Kota Bima dan guru Bimbingan Konseling (BK) di MAN 2 Kota Bima ini. 
Pada malam  penganugerahan Duta Genre tahun 2018 dihadiri 20 orang yang masuk  terpilih sebagai finalis, setelah mengalahkan 137 orang peserta lainnya yang ikut berpartisipasi dari 10 kab/kota se Provinsi NTB. Finalisnya berasal dari Kabupaten Lombok Utara, Lombok Timur, Lombok Tengah, Kota Mataram, kabupaten Sumbawa, kabupaten Dompu, dan Kota Bima.
Ada 2 kategori dalam pemilihan Duta Genre, yakni jalur pendidikan dan jalur masyarakat. Masing-masing kategori terdapat  5 pasang, putra dan putri. Jalur pendidikan tak hanya untuk siswa SMA semata, akan tetapi digabung dengan mahasiswa. Dan ada 2 kategori pemenang, yakni terbaik putra dan putri di jalur pendidikan dan terbaik putra dan putri di jalur masyarakat.
“Finalis dari mahasiswa ada 17 orang. Sementara finalis dari siswa SMA hanya ada 3 orang, termasuk A. Rahman. Saya merasa terharu, A. Rahman mampu mengalahkan sebagian finalis yang sebagian besarnya adalah mahasiswa,” lanjut Haerunnisah.
Duta GenRe merupakan duta BKKBN yang bertugas memberikan sosialisasi dan promosi program GenRe meliputi tentang Kesehatan Reproduksi Remaja. Duta Genre akan mengabdikan dirinya selama 1 tahun serta menjadi motivator/pembimbing calon Duta Genre tahun berikutnya.     


Duta Genre nantinya menjadi panutan untuk remaja  agar terhindar dari Tiga Permasalahan Kesehatan Reproduksi Remaja (Triad KRR). Duta Genre harus siap untuk mengkampanyekan Triad KRR, yakni: Siap mengatakan tidak pada pernikahan usia dini, Siap mengatakan tidak pada hubungan seks di luar pernikahan, dan Siap mengatakan tidak pada narkoba. Ajang ini sangat strategis untuk mensosialisasikan Triad KRR melalui konselor sebaya, dikarenakan pesan akan efektif dan cepat sampai.  (kemenag prov. ntb).

Subscribe to receive free email updates: