Guru MAN 4 Jombang PP. Mamba’ul Ma’arif Juara 3 Festival Internasional Seni Ornamen Islam di Aljazair

Zainul Mujib. Foto Mamba'ul Maarif

Zainul Mujib, guru seni budaya MAN 4 Jombang PP. Mamba’ul Ma’arif Denanyar Jawa Timur (Jatim) meraih penghargaan sebagai juara 3 kategori ornamen Islam
dalam Festival Internasional Seni Ornamen Islam dan Miniatur di Aljazair, Jumat (29/12/2023).

Mujib, sapaan akrabnya, berhasil meraih juara 3 kategori ornamen Islam dalam festival internasional seni ornamen Islam dan miniatur di Aljazair, Jumat (29/12/2023).

Dalam Festival yang bertajuk The International Cultural Festival of Illumination and Miniature ini digelar oleh Kementerian Kebudayaan Aljazair di salah satu kota bersejarah, Tlemcen. 

Festival ini sekaligus menjadi ajang pertemuan para seniman, peneliti, profesor, guru, hingga dosen seni rupa di seluruh dunia.

Festival ini diikuti oleh 70 peserta yang berasal dari 9 negara,  yaitu mulai dari Aljazair, Turki, Tunisia, Mesir, Irak, Iran, Indonesia, Yaman, dan Uzbekistan. 

Festival ini digelar sejak 27 hingga 29 Desember 2023. Rangkaian acara meliputi seminar, workshop, diskusi, hingga puncak acaranya adalah perlombaan miniatur dan seni ornamen Islam.

Pada perlombaan, karya Mujib berhasil meraih juara 3 kategori ornamen Islam. “Alhamdulillah, juara 3 kategori ornamen Islam.” kata Mujib panggilan akrabnya.

Guru kaligrafi di Pesantren Kaligrafi (SAKAL) Mamba’ul Ma’arif ini lantas berpesan untuk seluruh santrinya baik di SAKAL maupun di MAN 4 Jombang agar belajar dengan sungguh-sungguh.

“Jika kalian benar-benar ingin melakukan sesuatu, maka kalian akan menemukan jalannya. Namun jika tidak, kalian akan menemukan alasan.” kata Mujib.

Sebelumnya, Mujib juga telah mengukir prestasi di kancah internasional. Pada tahun 2019, ia sempat meraih juara 2 kategori khat dan ornamen di Berlin, Jerman. (kmg|ulul|alfa)

Post a Comment for "Guru MAN 4 Jombang PP. Mamba’ul Ma’arif Juara 3 Festival Internasional Seni Ornamen Islam di Aljazair"