Banjir di Jeddah Tewaskan 2 Orang, Jalan Menuju Mekkah Tertutup Air, Bandara Sempat Ditutup

Kondisi Jeddah yang banjir.
Banjir menerjang Kota Jeddah, Arab Saudi, Kamis (24/11/2022) waktu setempat, setelah hujan mengguyur selama beberapa hari. Hujan lebat turun dari jam 8 pagi sampai jam 2 siang.

Banjir itu menyebabkan sekolah, bandara internasional di Jeddah, Rabigh, dan Khulais ditutup pada Kamis (24/1/2022).

Seperti dilaporkan Saudi Press Agency (SPA), berdasarkan Pusat Meteorologi Nasional Arab Saudi, hujan diperkirakan terjadi di seluruh Jeddah dan jalan-jalan menuju Mekkah tertutup air. 

Sekolah hingga Universitas King Abdulaziz dan Universitas Jeddah pun diliburkan untuk memastikan keselamatan siswa dan mahasiswa.

Setidaknya dua orang dilaporkan tewas pada Kamis ketika hujan lebat melanda Arab Saudi barat, termasuk Jeddah.

Foto Arabnews

“Sejauh ini telah tercatat dua kematian, dan kami meminta semua orang untuk tidak keluar kecuali jika diperlukan,” kata pemerintah daerah Makkah di halaman Twitter-nya.

Jalan yang menghubungkan Jeddah dan Makkah ditutup pada Kamis setelah air menggenangi jalan raya, kata Saudi Press Agency, meskipun kemudian dibuka kembali.

Di Jeddah, gambar yang diposting ke media sosial menunjukkan lalu lintas berhenti  dan sebagian kendaraan terendam air.

Otoritas Bandara Internasional King Abdulaziz  mengatakan bahwa "karena kondisi cuaca, keberangkatan beberapa penerbangan telah ditunda" dan mendesak penumpang untuk menghubungi operator untuk jadwal terbaru.

SPA melaporkan sebelum fajar bahwa sekolah-sekolah di kota akan ditutup sementara karena hujan diperkirakan akan berlanjut sepanjang hari.

Sekolah juga ditutup di kota terdekat Rabigh dan Khulais “untuk menjaga keselamatan siswa laki-laki dan perempuan,” tambah SPA.

Pusat Meteorologi Nasional mencatat 179 mm curah hujan pada hari Kamis, jumlah tertinggi yang pernah diterima di kota tersebut. Hujan pada Kamis kemarin dilaporkan  lebih deras dari yang terbesar sebelumnya, pada tahun 2009. (arabnews|azka)

Subscribe to receive free email updates: