Sebanyak 8.041 Jamaah Umrah Jatim Menunggu Diberangkatkan ke Tanah Suci

Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa sampaikan keterangan usai rapat persiapan pelepasan Umrah dari Jatim. Foto Kemenag Jatim
Sebanyak 8.041 jamaah umrah menunggu untuk diberangkatkan umrah ke tanah suci. Hal ini diungkapkan Kakanwil Kemenag Jawa Timur (Jatim) Husnul Maram usai mengikuti persiapan pemberangkatan umrah dari Bandara Juanda, Ahad (13/3/2022). 

Kakanwil Kemenag Jatim mengungkapkan, mengatakan untuk jemaah umrah tunda, kemarin ada sembilan ribuan tetapi sebagian sudah diberangkatkan dari bandar Soekarno-Hatta Jakarta.

Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa dijadwal akan melepas keberangkatan jemaah umrah dari Bandara Juanda, Senin (14/3/2022)

Terkait hal tersebut, Gubernur bersama Kakanwil Kemenag Prov. Jatim serta jajaran terkait menggelar rapat persiapan pembukaan pemberangkatan umroh di Gedung Negara Grahadi Surabaya. 

“Pagi ini kami baru koordinasi lagi persiapannya. InsyaAllah besok (hari ini - red) akan ada pemberangkatan pertama dari Juanda setelah dua tahunan Pelaku Perjalanan Luar Negeri (PPLN) hanya terkonsentrasi di Bandara Soekarno-Hatta,” ujar Khofifah di Bandara Juanda, Ahad (13/3/2022).

Maram juga mengungkapkan terima kasih kepada Gubernur Jawa Timur yang telah memperjuangkan keberangkatan umroh dari Bandara Juanda.

"Terima kasih Ibu Gubernur yang memperjuangkan niat baik dan harapan masyarakat Jatim untuk berangkat melalui pintu Juanda lagi," ungkapnya dilansir situs Kemenag Jatim.

Kakanwil menambahkan, Kementerian Agama masih mensyaratkan beberapa hal, diantaranya keberangkatan jemaah umrah wajib sudah divaksinasi dosis lengkap, 

PPIU telah melakukan pemesanan/booking hotel tempat karantina yang direkomendasi Satgas Covid-19 (hotel repatriasi) atau asrama haji, dan PPIU melaporkan rencana keberangkatannya pada Sistem Komputerisasi Pengelolaan Terpadu Umrah dan Haji Khusus (Siskopatuh) Kemenag.

Asosisasi Muslim Penyelenggara haji dan Umrah Republik Indonesia (AMPHURI) menyambut baik upaya Gubernur Jawa Timur menjamin terselenggaranya kemudahan pemberangkatan umrah dari Bandara Juanda setelah vakum sejak tahun 2020. (kmg|ulul)

https://jatim.kemenag.go.id/berita/527518/siapkan-pembukaan-keberangkatan-umroh-kakanwil-ikuti-rapat-bersama-gubernur-jatim

Post a Comment for "Sebanyak 8.041 Jamaah Umrah Jatim Menunggu Diberangkatkan ke Tanah Suci "