Kemenag Tabalong Minta Calhaj Fokus Persiapkan Diri Pemberangkatan Haji 2022


Setelah Kerajaan Arab Saudi mengumumkan pelaksanaan haji 2021 hanya untuk warga Saudi, calon jamaah haji Indonesia yang tertunda pembernagkatannya tahun ini diminta fokus mempersiapkan diri untuk haji 2022. 

Kepala Seksi Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU) Kantor Kementerian Agama Kabupaten Tabalong Kalsel, H. Husni Thamrin menyatakan, jamaah dapat mengambil hikmah dari peristiwa ini, bahwa jamaah di beri kesempatan untuk untuk lebih fokus terhadap persiapan diri untuk penyelenggaraan haji tahun depan agar memperoleh haji yang mabrur.

Dikatakannya, calon jemaah haji dapat terus  meningkatkan kualitas dan kuantitas ibadahnya kepada Allah SWT, dengan cara memahami manasik haji secara keseluruhan, mulai rukun, wajib haji, tatacara, regulasi, perjalanan maupun memahami  makna filosifis berhaji.

“Hal ini penting demi kesempurnaan kita berhaji dan melaksanakan tatacara beribadah haji sesuai tuntunan Rasulullah SAW,” ujar Husni saat di konfirmasi pasca pengumuman pembatasan haji 2021, Selasa (15/06/21) di ruang PHU yang dilansir di laman Kemenag Kalsel.

Selain itu, sambungnya, calon jemaah haji juga harus mempersiapkan fisik, karena berhaji membutuhkan tenaga dan fisik yang sehat dan kuat. “Karena banyak rangkain prosesi ibadah yang dilakukan selama disana membutuhkan fisik yang prima,” katanya.

Lebih lanjut, Husni menjelaskan keputusan saudi tersebut tak lain untuk mengutamakan keselamatan dan keamanan jemaah dari ancaman Covid-19 yang hingga kini masih menjadi sandungan.

"Sebagaimana Pemerintah RI, keselamatan dan keamanan jemaah, selalu menjadi pertimbangan utama," terangnya.

Husni berharap dengan pengumuman resmi Arab Saudi tersebut akan mengakhiri isu hoax terkait pembatalan keberangkatan jemaah haji Indonesia pada 3 Juni lalu. 

“Dengan pengumuman resmi arab saudi, semoga dapat menjadi pedoman yang jelas bagi masyarakat bahwa pembatalan haji tahun 2021 ini memang dikarenakan alasan keselamatan terkait pandemi COVID-19,” tuturmya.

Oleh karenanya lanjutnya, pemerintah meminta peran serta masyarakat untuk terus tetap patuh menjaga protokol kesehatan. "Diharapkan masyarakat untuk patuh menjaga protokol kesehatan agar Covid segera tertangani sehingga tahun depan haji bisa dilaksanakan lagi," ujar nya. (kmg|alifah|ulul)

Post a Comment for "Kemenag Tabalong Minta Calhaj Fokus Persiapkan Diri Pemberangkatan Haji 2022"