Penyuluh Agama Ujung Tombak Kemenag Dalam Pembinaan Umat Di Bidang Keagamaan

Foto Kemenag OKU Timur

Penyuluh agama memeiliki peran sangat penting mengingat para penyuluh merupakan ujung tombak pembinaan umat di bidang keagamaan. 

Hal itu  ditegaskan Kakankemenag OKU Timur, H. Abdul Rosyid, S.Ag,MM,M.Si  saat membuka  pembinaan dan peningkatan Kompetensi Penyuluh Agama Islam (PAI) Non PNS di lingkungan Kantor Kemenag  Kab. OKU Timur, Senin (21/12/2020).

Rosyid  mengatakan  seorang Penyuluh Agama adalah sebagai  peran pelaku utama perubahan kearah yang lebih baik, di segala bidang kearah kemajuan,  perubahan dari yang negatif atau pasif menjadi positif atau aktif.

Ia berharap ditahun 2021, semua  Penyuluh Agama di lingkungan Kemenag OKU Timur terus berinovasi, berkreasi dan berkolaborasi dalam memberikan dan menyampaikan dakwah keagamaan dengan bahasa-bahasa yang menyentuh hati masyarakat sehingga sinergitas antara penyuluh dengan Kementerian Agama dapat betul-betul dirasakan oleh masyarakat luas.  

Menurutnya, penyuluh agama selain sebagai figur juga berperan sebagai pemimpin masyarakat,  dalam rangka mengsukseskan program pemerintah. Dengan demikian tentu tugas dan tupoksinya akan berjalan selaras dengan visi dan misi Kementerian Agama.

Disebutkan Abdul Rosyid, posisi penyuluh agama sangat strategis baik untuk menyampaikan misi keagamaan maupun misi pembangunan. Point utama tugas penyuluh adalah, lanjutnya, menjaga persatuan dan kesatuan bangsa serta menjaga kerukunan antar umat beragama. 
 
"Dengan demikian tugas penyuluh agama tidak semata-mata melaksanakan penyuluhan agama dalam arti sempit berupa Ibadah atau pemahaman keagamaan, akan tetapi seluruh kegiatan pendidikan berupa bimbingan dan penerangan juga menjadi tugas pokok Penyuluh agama, “ tandasnya. (alifah). #https://sumsel.kemenag.go.id/berita/view/138197/abdul-rosyid--penyuluh-agama-ujung-tombak-kemenag-dalam--pembinaan-umat-di-bidang-keagamaan

Post a Comment for "Penyuluh Agama Ujung Tombak Kemenag Dalam Pembinaan Umat Di Bidang Keagamaan"