Kakanwil Kemenag Kaltim Buka MOSBA Ponpes Nabil Husein

Foto Foto Kemenag Kaltim
Dengan tema “Santri Mandiri & Unggul di Tengah Pandemi Covid-19”, Pondok Pesantren Nabil Husein Samarinda Kalimantan Timur (Kaltim) menggelar  pembukaan Masa Orientasi Santri Baru (MOSBA) Tahun Pelajaran 2020/2021.

Kegiatan dibuka  oleh Pimpinan Pondok H. Nasikhin bersama Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Kalimantan Timur H. Sofyan Noor, Kamis (02/07) pagi.

Tampak seluruh 394 santriwan-santriwati baru yang berasal dari jenjang MTs, SMP, SMA, dan SMK mengikuti pembukaan MOSBA. 

Kegiatan dilaksanakan mengikuti anjuran protokol kesehatan dari pemerintah dengan tetap menggunakan masker dan menjaga jarak.

Pada kesempatan tersebut H. Sofyan Noor mengatakan bahwa pesantren harus menjadi garda terdepan dalam menjaga agama Islam. “Caranya adalah dengan mempelajari Al-Qur’an, ilmu Agama Islam yang baik, dan menjaga kemurnian ajaran Rasulullah,” imbuhnya dilansir Kemenag Kaltim.
Pembukaan MASOBA
Selain itu, pesantren juga diharapkan menjadi garda terdepan dalam menjaga kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). 

“Kita wajib mempertahankan Pancasila dan UUD 1945, karena itu pemberian dari Tuhan,” tambah pria yang lahir 59 tahun silam ini.

Adapun 4 pesan tambahan yang ia sampaikan bagi santriwan-santriwati baru tersebut pertama, kita harus memiliki kompetensi/keahlian dalam suatu bidang. Kedua, mampu memiliki kemampuan komunikasi dalam artian mampu menguasai bahasa asing. Ketiga, perbanyaklah teman, dan terakhir adalah memiliki kepribadian yang baik.

MOSBA sendiri dijadwalkan akan berakhir pada hari Ahad (5/7/2020) nanti.

Hadir pula dalam kegiatan pembukaan MOSBA adalah Kepala Bidang Pendidikan Madrasah H. Hakimin, Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Samarinda H. Masdar Amin, serta Camat, Lurah, dan perwakilan Polsek setempat. (kmg|alifah)