90 Jemaah Umrah Asal Jawa Barat Sudah Dikembalikan Ke Daerah Asalnya


Handiman Romdony (kemenag jabar)
Menanggapi pemberitaan yang saat ini sedang hangat mengenai keberadaan 90 jemaah umrah asal  Jawa Barat, Plt Kakanwil Kemenag Jawa Barat, Handiman Romdony menyampaikan bahwa kondisi saat itu jemaah umrah tersebut sedang berada di Bandara transit seperti Dubai dan Malaysia. 

"Sehingga pada saat kebijakan itu keluar mereka langsung dikembalikan ke Indonesia," ujar H. A. Handiman Romdony di Ruang Kerjanya, Kamis (5/3/2020).
Romdony mengungkapkan bahwa jemaah umrah tersebut sudah kembali ke daerah asalnya yang diakomodasi oleh travel yang memberangkatkan karena itu sudah kewajiban dari pihak travel untuk membawa jemaah umrah tersebut ke Indonesia dan ke daerah asalnya.

"Sebagai intansi vertikal tentunya kami berjalan sesuai dengan kebijakan dari Kemenag RI yang juga menunggu langkah selanjutnya dari Pemerintah Arab Saudi. Sampai saat ini kami terus berkoordinasi dengan pihak PPIU membahas jemaah umrah yang sudah terjadwalkan berangkat," katanya.

Pada kesempatan yang berbeda, Kepala Bidang PHU, H. Ajam Mustajam, juga mengutarakan bahwa untuk menyikapi permasalahan internasional ini semua pihak harus duduk bersama untuk menemukan solusi yang tepat.

"Pihak yang terlibat dalam perjalanan ibadah umrah ini beragam dari mulai travel, pihak maskapai penerbangan, penginapan, dan lain-lainnya. Jadi semua pihak harus menyikapi dengan bijak karena ini adalah kebijakan internasional yang bertujuan untuk menyelamatkan umat dari virus corona yang sedang merebak," jelasnya.

Ajam mengimbau kepada masyarakat untuk tidak berspekulasi negatif terhadap kebijakan ini dan juga tidak panik, yang terpenting menurutnya agar selalu berdoa dan menjaga kesehatan diri sendiri dan lingkungan. (kemenag jabar).


Post a Comment for "90 Jemaah Umrah Asal Jawa Barat Sudah Dikembalikan Ke Daerah Asalnya"