Pawai Taaruf Pembukaan MTQ Kabupaten Mandailing Natal Diikuti Ribuan Peserta

BRNews.id - Perhelatan Akbar Musabaqah Tilawatil Quran dan Festival Nasyid Tingkat Kabupaten Mandailing Natal Tahun 2019 diawali dengan pelaksanaan Pawai Taaruf yang diikuti oleh ribuan peserta yang terdiri dari seluruh peserta kafilah dari 23 Kecamatan.


Pawai taaruf ini diikuti para pelajar mulai dari MI/SD, MTs/SMP, MA/SMA/SMK, para aparat pemerintahan desa, para PNS, jamaah majelis taklim, naposo nauli bulung dari setiap desa dan kelurahan sekecamatan Lingga Bayu, Sabtu 16 Maret 2019.
 
Walau cuaca  cukup panas, tidak menyurutkan semangat dan niat para peserta mengikuti pawai taaruf tersebut, yang dimulai dari Jembatan Simpang Manisak menuju Pasar Kelurahan Simpanggambir.

Sisi kiri kanan jalan sepanjang 1,5 km yang dilalui oleh peserta pawai taaruf tumpah ruanh dan dipenuhi oleh para warga masyarakat yang datang dari berbagai desa yang ada di Kecamatan Lingga Bayu. Ada ya ng datang dengan bejalan kaki, ada yang naik kenderaan roda dua dan empat, dan bahkan ada yang naik kenderaan bak terbuka dengan kenderaan roda enam dan sepuluh.

Hafisuddin berusia 53 tahun salah seorang warga masyarakat Desa Perbatasan Kecamatan Lingga Bayu yang ditemui Humas Kemenag Mandailing Natal di sela sela pawai taaruf tersebut, mengatakan bahwa tujuan dirinya mengikuti pawai adalah untuk menyemarakkan syiar dan dakwah Islam.

Menurutnya menyemarakkan syiar Islam adalah merupakan amalan yang cukup baik, dan pahalanya sungguh sangat besar disisi Allah SWT. Siapa saja yang menyemarakkan syiar Islam, maka dia akan ditolong dan dibantu Allah SWT.
"Biaya dan rasa capek yang dirasakan tidak menjadi suatu masalah. Ini adalah ibadah, siapa lagi yang akan menyemarakkan syiar ini kalau bukan kita umat Islam ini. Perhelatan MTQ dan Nasyid ini harus lebih meriah dan ramai dikunjungi dan disaksikan oleh masyarakat daripada hiburan music dangdut atau keyboard yang terkadang tidak bernuansa islami," ujarnya.

Sementara itu Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Mandailing Natal yang diwakili oleh Kepala Sub Bagian Tata Usaha H. Irfansyah Nasution, S. Ag, MM didampingi Kasi Bimas Islam dipanggung kehormatan menerima peserta pawai taaruf bersama Plt Sekdakab Mandailing Natal H. Sahnan Batubara, S.Pd, MM, Ketua Pengadilan Agama H. Yunadi, S. Ag, Anggota DPRD Mandailing Natal Ir. H. Wildan Nasution, Camat Lingga Bayu H. Kamal Khan.

Kasubbag Tata Usaha  sangat mengapresiasi pelaksanaan pawai taaruf ini yang begitu meriah dan ramai diikuti oleh para peserta dan masyarakat Lingga Bayu. Apalagi tetap menjunjung tinggi nuansa dan nilai Islami.

"Peserta pawai memakai pakaian adat budaya Mandailing Natal dengan gulangnya, serta adat budaya Pesisir Natal dengan warna kuningnya, tak ketinggalan juga ada peserta yang memakai pakaian adat Minangkabau dan Jawa," ujarnya.

Pantauan Humas Kemenag Mandailing Natal juga menampilkan gordang sambilan yang dimainkan para pelajar yang masih duduk dibangku Sekolah Dasar, kuda kepang, tari sekapur sirih, menambah semakin semaraknya kegiatan pawai taaruf ini. (kemenagsu/azka).

Post a Comment for "Pawai Taaruf Pembukaan MTQ Kabupaten Mandailing Natal Diikuti Ribuan Peserta"