MAN 1 Pandegalng Lakukan Kunjungan Ilmiah ke Kampung Baduy

foto man 1 pandeglang
BRNews.id - MAN 1 Pandeglang melaksanakan study ke masyarakat adat Baduy di Desa Ciboleger Kabupaten Lebak, Sabtu pekan lalu (23/02). Kunjungan stduy itu diikuti  196 siswa dan 28 guru pembimbing. 



Seluruh siswa yang ikut kegiatan ini berasal dari kelas 11 MAN 1 Pandeglang dari Program Bahasa, IPS dan Agama.
 
Kunjungan ilmiah ini menurut Wakil Kepala MAN 1 Pandeglang Bidang Kurikulum Ahmad Haryadi, selain dimaksudkan sebagai wisata ilmiah, juga dimaksudkan sebagai wisata budaya. Dari kunjungan ini diharapkan siswa dapat mengenali dan memahami budaya Suku Baduy yang merupakan aset wisata di Provinsi Banten.

Rombongan berangkat pukul 06.30 WIB dan  tiba di lokasi pada pukul 09.00 WIB, disambut oleh petugas dari Dinas Pariwisata Kabupaten Lebak dan Kasja (pemandu perjalanan).

Sebelum memasuki hunian Orang Kanekes –demikian sebutan Orang Baduy, peserta kunjungan mendapat pengarahan sekitar 30 menit dari Dinas Pariwisata dan pemandu perjalanan mengenai teknik dan tatakrama perjalanan ke Baduy. 



Usai pengarahan, rombongan melanjutkan perjalanan ke Baduy. Perjalanan cukup menguras energi karena dilakukan dengan berjalan kaki menyusuri bukit-bukit, tebing, anak sungai dan hutan yang masih asri dan terjaga.

Di sepanjang jalan, siswa/siswi melakukan penelitian melalui interaksi langsung dengan warga masyarakat Baduy yang mereka temui di sepanjang perjalanan. Aspek yang mereka teliti adalah keagamaan, kebahasaan dan aspek sosial masyarakat Baduy.

Setelah menempuh 2 jam perjalanan, rombongan tiba di kp. Gajeboh sekitar pukul 11.30 WIB. Di lokasi tujuan akhir kunjungan ini para siswa melanjutkan penelitiannya melalui interaksi langsung dengan masyarakat setempat. (kemenag banten/alfa). 

Post a Comment for "MAN 1 Pandegalng Lakukan Kunjungan Ilmiah ke Kampung Baduy"