Buku Karya Guru MAN 4 Bantul Jadi 10 Terbaik Media Guru dan Direktorat GTK Kemendikbud

BRNews.id - Sejak diluncurkan tahun 2015, Gerakan Literasi Nasional sudah membahana di Indonesia. Gerakan Literasi Nasional merupakan salah satu bagian dari implementasi Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 23 Tahun 2015 tentang Penumbuhan Budi Pekerti.




Satu Guru Satu Buku (SAGUSABU) merupakan sebuah gerakan yang digagas dengan tujuan mendorong setiap guru mampu menghasilkan karya tulis dalam bentuk buku. Gerakan SAGUSABU diinisiasi Media Guru bekerja sama dengan Direktorat Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) Kemdikbud karena prihatin minimnya jumlah buku yang ditulis guru.

Herin Ratnaningsih, salah satu guru MAN 4 Bantul yakni mendapatkan penghargaan dari Direktorat GTK Paud Dikmas Kemendikbud karena karya bukunya menjadi nomer 1 dari 10 terbaik penulis. 

"Awalnya saya diundang dari Direktorat untuk Workshop Penulis Literasi di Padang. Dalam waktu satu bulan buku saya harus jadi dan dikirim ke Media Guru tahun 2017 kemarin. Alhamdulillah. Tak menyangka ternyata buku saya mendapat penghargaan dari Direktorat tahun 2019 ini." ungkap Herin. 

Workshop Literasi Padang menghasilkan 152 dan dari jumlah itu diseleksi oleh Tim Independen Media Guru untuk dipilih 10 terbaik.



Mentari di Guangzhou adalah buku kedua Herin. Buku ini sudah dicetak dua kali dan dipasarkan di lingkungan Madrasah. Buku ini menceritakan tentang enam kisah inspiratif dari enam guru dan siswa madrasah dalam meraih mimpi, mulai dari anak buruh tani yang ingin bertemu dengan Menteri Agama hingga guru yang bermimpi dapat beasiswa kuliah ke luar negeri. Buku ini cocok untuk dibaca oleh guru, pelajar, dan orang lain yang ingin maju.


Mohamad Yusuf kepala MAN 4 Bantul merasa senang sekali dengan prestasi ini dan berharap guru-guru lainnya bisa menghasilkan buku dan terus berkarya. “Saya sangat bangga akan prestasi ini. Semoga guru-guru lainnya akan terinspirasi oleh buku yang berjudul Mentari di Guangzhou,” ujar Yusuf. (kemenag diy/rin/uun).

Post a Comment for "Buku Karya Guru MAN 4 Bantul Jadi 10 Terbaik Media Guru dan Direktorat GTK Kemendikbud"