Tumpeng Raksasa MTsN 2 Ngawi Sambut Tahun Baru 1440 Hijriyah

BRNews - Menyambut kehadiran Tahun Baru 1440 Hijriyah, MTSN 2 Ngawi (Maestro Ngawi) bekerjasama dengan Pemerintah desa Babadan dan Instansi Pendidikan di lingkungan desa Babadan mengadakan Pawai Ta'aruf. Mulai dari RA/TK, MI/SD, MTSN 2, MA, dan Perangkat Desa Babadan, Senin (10/9) pagi di lapangan Merdeka Desa Babadan.

Berbeda dengan Kegiatan Pawai sebelumnya, kali ini peserta pawai diwajibkan membuat Tumpeng dalam ukuran raksasa yang berisi Hasil Bumi, Produk Unggulan desa, dan Jajan Pasar. 

Untuk itu MTsN 2 Ngawi  menyiapkan empat tumpeng yaitu tiga tumpeng masing-masing untuk kelas tujuh, kelas delapan, dan kelas sembilan sedangkan satu tumpeng berukuran raksasa setinggi 1,5 meter  sebagai maskot untuk Guru dan Pegawai Maestro Ngawi.

Mengingat ukuran yang tidak biasa, maka pembuatan tumpeng sudah dimulai sejak dua hari sebelum kegiatan. Setidaknya membutuhkan 4 batang bambu untuk persiapan kerangka dan puluhan kilogram isi tumpeng yang terdiri dari Sayuran, Buah, Produk Unggulan desa Babadan, dan tak ketinggalan Jajan Pasar. Tumpeng-tumpeng raksasa tersebut selanjutnya diarak peserta pawai mengelilingi lingkungan desa Babadan Pangkur.

Maryudianto Kepala MTsN 2 Ngawi  menegaskan bahwa inti dari kegiatan ini adalah sebagai muhasabah perjalanan hidup kita setahun yang lalu dan penanaman sikap optimis menyongsong tahun yang baru Sedangkan Tumpeng dan segala isinya sebagai simbol keberkahan yang telah dianugerahkan oleh Alloh subhanahu wata ala yang harus selalu diingat dan disyukuri. 

Setelah tumpeng selesai diarak keliling desa, tibalah  saat yang ditunggu-tunggu yaitu "Rebutan Tumpeng". Sontak suasana menjadi riuh karena setiap peserta berdesak-desakan berebut isi tumpeng.

"Apapun yang didapat, itu adalah Rizki dari Alloh, maka harus dimakan atau dimanfaatkan dan jangan sekali-kali dibuang karena membuat apa yang kalian dapat sama saja membuang Rizki dari Alloh", himbaunya. (kemenag jatim).

Post a Comment for "Tumpeng Raksasa MTsN 2 Ngawi Sambut Tahun Baru 1440 Hijriyah"