Tingkatkan Mutu RA, Hilmy Dukung Penuh Proses Akreditasi

BRNews - Saat menghadiri kegiatan Visitasi Akreditasi di RA Jamiatul washliyah, Indihiang Tasikmalaya, Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Tasikmalaya Hilmy Rifa’i,  mengaku bangga dan mengapresiasi  semua pihak yang terlihat begitu memberikan dukungan dalam proses pendidikan yang dilaksanakan di RA Jamiatul Washliyah.


Kegiatan visitasi yang berlangsung  Rabu (29/08) dihadiri  Tim assessor dari BAN PAUD dan PNF, Para Pengurus jamiatul Washiyah, para Tokoh agama dan Tokoh Masyarakat serta unsur dari Muspika mulai dari tingkat kelurahan sampai tingkat Kecamatan.

Menurut Hilmy, kegiatan visitasi tidak lepas dari peran serta Kepala RA yang bisa memotivasi dan mengangkat semua pihak untuk terus memberikan kontribusi terbaik bagi majunya lembaga RA.

Dirinya juga sebagai Kepala Kemenag mempunyai tugas untuk terus memberikan support bagi majunya lembaga pendidikan bi bawah naungannya.

“Karenanya kami selalu mengutamakan untk hadir dan memberikan dukungan terutama dalam proses akreditasi, karena ini sangat penting bagi lembaga,” ujarnya.

Hilmy  menginformasikan bahwa lembaga pendidikan yang dikelola Kemenag itu luar biasa, berdasarkan data hampir 90 persen lembaga pendidikan di Kemenag itu statusnya swasta dan 10 persennya negeri. 

Namun begitu tingkat kemandirian lembaga sangat luar biasa, dengan kemampuan yang ada lembaga swasta bisa bertahan dan bersaing dengan lembaga negeri. Bukan hal yang mengherankan kalau ada lembaga negeri yang memiliki fasilitas, SDM yang bagus karena lembaga tersebut mendapat  support penuh dari pemerintah.

“Beda halnya dengan lembaga swasta, mereka benar – benar mengandalkan potensi yang ada, luar biasa sekali kemandiriannya,” ujarnya.

Terkait dengan visitasi akreditasi Kakankemenag  berharap lembaga bisa memanfaatkan proses akreditasi untuk menggali dan memetakan ada di posisi mana lembaga ini. Tujuan akreditasi ini bukan ingin mencari kesalahan dan mengukur penilaian secara kuantitas tetapi memetakan lembaga berdasarkan 8 standard penilaian.

“Akreditasi sekarang sudah berskala nasional dengan begitu pengelolaan pendidikan standard mutunya luar biasa,” jelasnya.


Tingkat standarisasi yang cukup berat ini menjadi motivasi bagi lembaga untuk terus memperbaiki diri berdasarkan hasil penilaian yang didapatkan selama proses akreditasi. Apa yang sekiranya masih kurang segera diperbaiki dan apa-apa yang sudah sesuai dengan standard dipetahankan. Dengan begitu tujuan diadakannya akreditasi betul-betul tercapai. (kemenag jabar).

Post a Comment for "Tingkatkan Mutu RA, Hilmy Dukung Penuh Proses Akreditasi"