Siswa Kelas XI MAN 1 Metro Ikuti Pembekalan Penulisan Karya Tulis Imiah

BRNews - Kepala MAN 1 Metro Antoni Iswantoro, M. Ed membuka dan memberikan arahan terkait penulisan karya tulis ilmiah kepada siswa kelas XI, Selasa (31/7). Dalam pertemuan ini juga siswa diberikan hasil kuesioner studi wisata ilmiah TP 2018/2019 yang telah diberikan beberapa minggu lalu.


Kegiatan pembekalan ini dihadiri oleh Waka Humas Khabib Wahyono, M. Kes, Waka Kesiswaan  Rokiban, M. Pd.I dan Pembina KIR  Mustofa Khoiri, M. Si sebagai narasumber utama yang akan menjelaskan teknis pengajuan judul dan penulisan karya tulis ilmiah tersebut.

Dalam penjelasannya, Mustofa Khoiri, ada beberapa tahapan dan ketentuan yang harus diikuti oleh siswa dalam mengerjakan karya tulis ilmiah ini. Pertama Pengajuan dan ACC judul. Dalam pengajuan judul karya tulis, siswa mengajukan maksimal 3 judul yang telah mereka dapat dari riset dan penelitian selama mengikuti studi wisata ilmiah.

Selanjutnya yang kedua setelah judul di ACC,siswa berkonsultasi terkait isi awal yaitu BAB 1 dan 2 kepada pembimbing yang ditunjuk. BAB 1 ini berisikan Pendahuluan dan BAB 2 berisikan Kerangka Teori. Untuk tahap ketiga siswa mulai memasuki BAB 3 yaitu Pembahasan isi dari judul karya tulis ilmiah. 

Siswa akan menguraikan isi karya tulis ini sebanyak 5 6 halaman. Dan tahapan terakhir siswa memasuki BAB IV yaitu Kesimpulan dan Saran serta Lampiran yang hasil karya tulis ilmiah ini akan dipertanggung jawabkan oleh siswa yang bersangkutan dihadapan penguji yang ditunjuk madrasah berupa ujian lisan karya tulis ilmiah (Presentasi Power Point).

Kegiatan berupa karya tulis ini adalah sebagai media pembelajaran siswa berupa menganalisa, meneliti serta belajar mencari sumber sumber yang berhubungan dengan sejarah dan pelajaran di kelas. Mereka harus belajar menuangkan semua fikiran dan usaha kreatifnya dalam sebuah hasil karya ilmiah yang dibukukan (Jilid). (kemenag lampung). 

Post a Comment for "Siswa Kelas XI MAN 1 Metro Ikuti Pembekalan Penulisan Karya Tulis Imiah "