Calhaj Kloter 2/MES Melakukan Umrah dengan Miqat di Ji’ronah

BRNews - TPIHI 02/MES H. Faisal Sadat Harahap dengan beberapa jemaah Kloter 2/MES termasuk Kakankemenag Asahan Dr. H. Hayatsyah, M. Pd menunaikan ibadah umroh sunat sebelum pelaksanaan puncak ibadah haji dengan mengambil miqot ke Ji’ronah pada hari Rabu, 8 Agustus 2018.

Menurut Hayatsyah minat dan motivasi para jemaah untuk menunaikan ibadah umroh sangat tinggi, apalagi tujuan utama ke tanah suci ini adalah untuk memperbanyak ibadah, baik ibadah wajib maupun yang sunat semata-mata untuk menggapai keridhoan Allah SWT.

Jamaah Kab. Asahan
"Ji'ronah merupakan nama seorang perempuan yang mengabdikan dirinya menjaga dan membersihkan sebuah masjid di desa tersebut, sehingga sebagai penghargaan akan dirinya maka namanya disematkan sebagai nama kampung dan nama masjid yang berdiri di kampung tersebut dan saya sangat senang melihat kebersihan dan keindahan dari masjid Ji’ronah ini," ujarnya.

Hayatsyah menjelaskan, di Ji’ronah ini ada sebuah sumur yang dikenal dengan Bir Thaflah. Menurut sejarah, ketika Rasulullah SAW kehabisan persediaan air, dan Rasulullah SAW sudah mencarinya dan tidak menemukan air, akhirnya dengan petunjuk dari Allah SWT Nabi Muhammad SAW memukulkan tongkatnya, maka seketika itu terpancarlah air. 


Namun, dirinya  tidak ke tempat sumur itu berada karena waktu yang tidak memungkin. Lagipula tujuan bukan berziarah ke sumur tersebut, melainkan melakukan miqat dari Masjid Ji'ronah.

"Selepas berihram, kami dengan berombongan menaiki bus masing-masing, menuju Mekkah dan berhenti di terminal bus Ayib Amir, dan berjalan kaki sekitar 400 meter menuju Masjidil Haram untuk menunaikan rukun umroh thawaf, sai dan tahallul," pungkas Hayatsyah. (kemenag kisaran).

Post a Comment for "Calhaj Kloter 2/MES Melakukan Umrah dengan Miqat di Ji’ronah"