RA Rabiah Al-Adawiyah Masuk Nominasi Sekolah Sehat Tingkat Provinsi Jabar

BRNews - Raudlatul Athfal  (RA) Rabiah Al-Adawiyah yang beralamat di Jl. Bebedahan Tasikmalaya  masuk dalam nominasi Sekolah Sehat Tingkat Provins Jawa Barat. Penilaian itu dilaksanakan Tim Penilai pada Kamis pagi (09/11/2017.

Tim Penilai disambut oleh Walikota dan Jajarannya di Bappeda selanjutnya mereka menuju ke lokasi RA Al-adawiyah. Sambutan meriah telah disiapkan oleh panitia dengan melibatkan para Pengawas Madrasah, Para Ketua PC IGRA,  Guru dan Murid RA.
Acara penyambutan tamu yang terdiri atas Tim Penilai dari Provinsi Jawa Barat, Tim Pembina Usaha Kesehatan Sekolah (UKS) Tingkat Kota Tasikmalaya, Tim Pembina UKS tingkat Kecamatan dan para Muspika sudah terlihat dari mulai pintu gerbang ,tampak beberapa  murid RA memberikan cendera mata dengan mengalungkan syal batik asli Tasikmalaya kepada Tim penilai, dilanjutkan dengan pementasan seni berupa tarian dan nyanyi dari murid – murid RA.
Pembukaan diawali dengan presentasi Kepala RA Rabiah Al-Adawiyah, Yayan Sopian, M.Pd.I. Dia memaparkan selayang panjang dan sejarah berdirinya RA, sarana prasarana yang ada termasuk berbagai program kegiatan yang rutin dilaksanakan setiap harinya. Yayan bersama para guru berupaya semaksimal mungkin menciptakan sekolah yang sehat dan membiasakan penerapan hidup sehat untuk  peserta didiknya.
Budi Rahman, S.Sos, M.Si sebagai ketua Tim Pembina UKS Tingkat Kota Tasikmalaya menyatakan rasa bangga untuk lembaga Raudlatul Athfal Rabiah Al-Adawiyah yang telah lolos seleksi sehingga bisa masuk nominasi ke tingkat Provinsi, dirinya mengharapkan kegiatan lomba ini bisa dimanfaatkan untuk peningkatan inovasi dalam dunia pendidikan, sehingga bisa dirasakan manfaatnya oleh semua pihak baik itu oleh lembaga RA itu sendiri maupun oleh para pengguna jasa yaitu masyarakat.
Budi juga menuturkan untuk di Kota Tasikmalaya RA Rabiah Al-adawiyah akan dijadikan pilot project sekolah yang memiliki taman hidroponik, melihat kondisi di lapangan yang cukup memadai dengan area pelataran yang cukup luas.
“Kita akan support RA ini untk punya taman hidroponik dengan memberikan bantuan yang insyaAlloh akan masuk dalam anggaran tahun 2018” ujarnya.
Sementara itu Triswanto, S.KM, M.Kes selaku Ketua Tim Penilai dari Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Barat menjelaskan untuk di Provinsi Jawa Barat dari dua puluh tujuh (27) Kota Kabupaten, hanya ada 14 RA yang lolos, dalam artian yang memenuhi hampir semua instrument penilaian.
Dirinya mengingatkan lomba sekolah sehat ini bukan segala-galanya tapi sebagian kecil dari usaha untuk mewujudkan sekolah sehat. Menurutnya pihaknya tidak hanya menilai sekolah secara fisik namun juga mengadakan penilaian terhadap Tim Pembina baik itu dari tingkat Kota sampai tingkat Kecamatan.
“Penilaian di sekolah hanya mendapat porsi 80 persen selebihnya adalah nilai yang diperoleh dari hasil penilaian terhadap tim pembina,” ujar Tiswanto.
Hal senada disampaikan Kepala Seksi Penmad Drs. Dadang Toha Muslim, M.Si. Dirinya mengharapkan sinergi yang kuat dari semua pihak karena untuk penilaian sekolah sehat ini sistemnya hierarki yaitu menilai sejauh mana keberhasilan pembinaan yang dilakukan mulai dari tingkat pusat sampai ke daerah.
“Jadi tidak hanya mengukur fisik namun juga mengukur proses yang dapat dilihat dari output” ujar Dadang.
Melihat presentasi yang dipaparkan oleh Kepala RA Rabiah Al-adawiyah , Kasi Penmad cukup optimis RA ini bisa lolos dan mendapat hasil terbaik di Tingkat Provinsi Jawa Barat. "Karena yang menjadi penilaian jenjang RA adalah pendekatan, pengenalan dan pembiasaan hidup sehat dan hal ini sudah rutin dilaksanakan setiap hari," pungkasnya. (kemenag jabar|mnm).

Post a Comment for "RA Rabiah Al-Adawiyah Masuk Nominasi Sekolah Sehat Tingkat Provinsi Jabar "