Bupati Brebes Dukung Penurunan AKI dan AKB


FOTO HUMAS BREBES

Untuk menurunkan tingginya Angka Kematian Ibu (AKI) melahirkan dan Angka Kematian Bayi (AKB) yang dilahirkan, perlu turun tangan semua pihak. Kerja sama lintas sektor yang cantik harus dibangun sejak dini. Baik berupa pendataan, pengawasan, pendampingan dan penanganan dari ibu hamil, melahirkan hingga pasca persalinan harus disengkuyung bersama.  

Demikian disampaikan Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Brebes dr Sartono pada Coffe Morning Kesehatan di Pendopo Bupati Brebes, Jumat (7/2/2020).

Dia mengajak untuk saling menjalin kerja sama yang baik dengan berbagai pihak sesuai dengan bidang tugasnya masing masing. Semua harus bahu membahu dengan tujuan yang sama yaitu mencegah terjadinya kembali kematian ibu dan bayi persalinan. 

 Sartono membuka diri dengan seluas-seluasnya untuk berkomunikasi bila kedapatan ibu hamil yang membutuhkan pertolongan dalam persalinan. Bahkan bisa secara langsung menghubungi nomor seluler pribadinya bila ada permasalahan yang tidak bisa ditangani jajaranya. 

“Bila ada masalah yang tidak cepat tertangani, silahkan saya dihubungi. Biar saya langsung turun tangan,” ungkap Sartono dilansir Humas Jateng.

Bupati Brebes Ida Priyanti SE MH menyambut baik upaya maksimal Kepala Dinas Kesehatan yang perlu mendapatkan dukungan semua pihak untuk menurunkan AKI dan AKB di Kabupaten Brebes.

Lewat Coffe Morning, kata Ida, bisa saling mendeteksi sedini mungkin kendala dan permasalahan apa saja yang terjadi di masyarakat, seperti persoalan AKI dan AKB sehingga dapat ditangani secepatnya. Idza menandaskan, penurunan AKI dan AKB menjadi tugas bersama. Dan ini harus dilaksanakan dengan penuh tanggung jawab, agar kedepan permasalahan AKI dan AKB tidak semakin besar angkanya.

Dalam kesempatan tersebut, bupati menginstruksikan secara langsung kepada kepala desa, camat, kepala puskesmas agar dapat turun langsung ke lapangan. Segala permasalahan yang timbul, apalagi yang bersifat darurat, untuk secepatnya diambil tindakan. 

Kepada seluruh tenaga kesehatan, Ida juga memerintahkan agar melakukan pelayanan kesehatan yang maksimal kepada seluruh lapisan masyarakat.

Hadir dalam coffee morning, camat se Kabupaten Brebes, Kepala BLUD, Kepala Puskesmas, para tenaga kesehatan di jajaran Dinas kesehatan Kabupaten Brebes dan tamu undangan lainya. (ulul/hmsj).


Subscribe to receive free email updates: