Skip to main content

Ini Lima Hal yang Harus Dicermati Petugas Haji 2020


Menag LHS minta Rakernas Evaluasi Haji Cermati Lima Hal (foto: Fikri NR)

Ada lima hal yang perlu dicermati dalam melakukan evaluasi penyelenggaraan ibadah haji. Hal ini dikemukakan Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin saat membuka Rakernas Evaluasi Penyelenggaraan Ibadah Haji 1440H/2019M, di Jakarta, Selasa 8 Oktober 2019.

Pertama, Menag meminta para peserta untuk memahami apa yang sudah dianggap baik oleh jemaah. "Agar kita bisa mempertahankan apa yang sudah baik, bahkan meningkatkan," ungkap Menag.

Kedua, dalam evaluasi yang dilakukan menjadikan peningkatan kualitas manasik haji sebagai fokus layanan pada tahun mendatang. Ini sesuai dengan pencanangan tahun 2020 sebagai tahun peningkatan kualitas manasik haji.

Ini menurut Menag bukan berarti menafikkan pelayanan lainnnya seperti akomodasi, transportasi, maupun konsumsi bahkan kesehatan. Namun, lebih dari itu Menag berharap layanan-layanan lain akan menunjang peningkatan layanan di bidang ibadah sehingga dapat meningkatkan kualitas manasik jemaah haji.

"Kita ingin ada peningkatan. Setelah hal-hal yang bersifat fisik, maka kita harus menambah kualitas penyelenggaraan ini dengan kepuasan non fisik, yaitu peningkatan kualitas manasik haji jemaah," kata Menag.

Jemaah haji menurut Menag perlu memahami apa makna serta filosofi dari ritual ibadah haji yang dilakukan. Mulai dari makna ihram, tawaf, sai, hingga wukuf di Arafah. Sehingga secara lebih makro Menag berharap sepulangnya jemaah dari ibadah haji, mereka akan menerapkan filosofi yang didapat dalam kehidupan sehari-hari.

"Jadi jemaah haji kita yang jumlahnya terbanyak setiap tahunnya itu, diharapkan memiliki dampak sosial yang positif juga sepulangnya ke tanah air," harap Menag.

Ketiga, secara serius menangani permasalahan Arafah Muzdalifah dan Mina (Armuzna). "Permasalahan armuzna selalu menjadi titik kritis dalam penyelenggaraan ibadah haji. Terutama kepadatan tenda di Mina. Ini perlu dipikirkan secara serius," tandas Menag.

Salah satu yang harus dipertimbangkan adalah untuk menyarankan sebagian jemaah kembali ke hotel usai menyelesaikan kewajiban mabit. "Perlu dipikirkan bagaimana bila sebagian jemaah kita yang hotelnya dekat dengan jamarat, mereka dapat kembali ke hotel. Sehingga tempat yang kosong di tenda mina dapat dipergunakan oleh sebagian yang lain," ujar Menag.

Keempat, mengupayakan perluasan pelayanan fast track. "Ini salah satu inovasi yang dirasakan memuaskan oleh Jemaah. Maka harus dipertahankan bahkan diperluas agar tidak hanya dinikmati oleh Jemaah dari embarkasi Jakarta," imbuhnya.

Baca juga: Kemenag Optimis Indeks Kepuasan Haji 2019 Meningkat
Baca juga: Kantor Urusan Haji KJRI Jeddah Gelar Evaluasi Persiapan Haji

Menag berharap seluruh jemaah haji dapat merasakan layanan fast track ini. Namun, jika hal tersebut tidak memungkinkan, setidaknya ada penambahan layanan fast track pada embarkasi dengan jumlah jemaah yang besar seperti Embarkasi Solo (SOC) dan Embarkasi Surabaya (SUB).

Kelima, Menag meminta peserta untuk mencermati masalah sosialisasi terkait istithoah haji. Ia menuturkan, saat ini masih ditemui kasus bahwa ada jemaah yang sebenarnya sudah tiba di asrama, tapi kurang dari 24 jam dinyatakan gagal berangkat akibat tidak terpenuhinya syarat istithoah kesehatan.
"Masyarakat perlu tahu, kapan mereka bisa diberangkatkan dan bilamana mereka dapat dinyatakan gagal berangkat. Indikatornya harus disosialisasikan," ujar Menag.

Dalam kesempatan tersebut Menag juga menyampaikan bahwa upaya peningkatan kualitas penyelenggaraan haji, menurut Menag tidak ada batasnya. "Karena kepuasan tidak ada batasnya. Tapi kita harus punya tolok ukur yang jelas. Maka melalui rakernas ini kita harus punya tolok ukurnya," tandas Menag. (alfa/ulul).

Comments

ARTIKEL POPULER

Kontingen Pentas PAI Maluku Kontingen Pertama Tiba Di Makassar




Perhelatan Nasional Pekan Keterampilan dan Seni Pendidikan Agama Islam (Pentas PAI) ke IX yang digelar di Kota Makassar Sulawesi Selatan pada 9 sampai 14 Oktober 2019 Rabu besok akan dimulai.

Ajang Pentas PAI Tingkat Nasional di Kota Makassar dipusatkan pelaksanaannya di Asrama Haji Sudiang Makassar.

Berbagai persiapan yang sudah dilakukan baik oleh Panitia Nasional maupun Panitia Lokal di sejumlah lokasi kegiatan. Termasuk kesiapan Liaison Officer (LO) yang dikoordinir langsung oleh Kakanwil Kemenag Sulsel guna menyambut dan melayani setiap kontingen yang datang dari seluruh Propinsi di Indonesia.

Pada Selasa pagi (8/10/2019) Kontingen Pentas PAI Nasional asal Provinsi Maluku tiba di Bandara Internasional Sultan Hasanuddin Makassar pada pukul 09.05 Wita dengan menumpang pesawat Lion Air.

Kontingen asal Maluku merupakan Kontingen Pertama yang Tiba di Kota yang berjuluk Kota Anging Mamiri ini.

Kontingen Maluku ini berjumlah 21 Orang terdiri dari 12 orang Peserta dan 9 oran…

KODI DKI Gelar Simposium Lembaga Dakwah Kampus se Jakarta

Koordinasi Dakwah Islam (KODI) DKI Jakarta bersama Syiar Dai Institute menggelar Simposium Lembaga Dakwah Kampus se-DKI Jakarta Tahun 2019. Kegiatan ini digelar di Wisma Bahtera, Cipayung, Bogor, Jawa Barat, dan dibuka Rabu siang (09/10/2019).

Kegiatan yang berlangsung selama dua hari ini diikuti oleh 65 Peserta terdiri dari 40 orang mahasiswa perwakilan dari 20 kampus, 15 orang dari Syi’ar Da’i Institute, 10 pengurus KODI DKI Jakarta.

Baca juga: Kader Muballigh KODI Jakarta Gelar Studi Dakwah di Kanwil Kemenag DIY

Simposium ini sendiri dibuka langsung oleh Wakil Ketua KODI, KH. Dano Jamaludin. Dalam sambutan pembukanya beliau menegaskan, "Mengapa kita harus berdakwah? Karena Islam adalah agama dakwah, dan dakwah ketika terhenti maka pudarlah ajaran luhur Islam itu sendiri."

Sebagai diskusi pembuka, Simposium ini menghadirkan dua pemateri dengan dua topik yang berbeda. Narasumber pertama yaitu Dr. Kamarusdiana, Dosen UIN Syarif Hidayatullah Jakarta yang mengupas topik "…

Anwar Ibrahim Teladani Cara BJ Habibie Jaga Kerukunan Keluarga



Tokoh politik Malaysia Dato' Seri Anwar Ibrahim mengatakan ia meneladani cara BJ Habibie menjaga kerukunan keluarga hingga akhir hayatnya pada 11 September 2019.
Pernyataan itu disampaikan Anwar di Jakarta, Rabu malam, usai dia bertakziah atau menemui keluarga BJ Habibie pada malam ke-28 setelah Presiden ke-3 RI itu wafat.
"Kerukunan hidup keluarga, itu yang jarang saya temukan dalam hidup seorang negarawan. BJ Habibie mampu menunjukkan hal tersebut," kata Anwar Ibrahim, mantan wakil perdana menteri Malaysia, di perpustakaan pribadi BJ Habibie, di Jakarta.
Anwar menjelaskan BJ Habibie menunjukkan dengan jelas bagaimana dia menjaga kerukunan dan kecintaan kepada keluarganya
"Dia tulis di bukunya mengenai Ainun. Wan Azizah (istri Anwar Ibrahim, red) membaca buku itu sampai habis, dia menangis dan terharu dengan bagaimana kerukunan dan kecintaan itu terus dijaga oleh Habibie," tutur Anwar mengenai sosok presiden KE-3 RI ITU.
Tak hanya itu, Anwar Ibrahim mengaku …

368 Peserta Ikuti MTQ Kabupaten Jepara Tahun 2019



Musabaqah Tilawatil Quran  (MTQ) Tingkat  Kabupaten Jepara digelar pada 9 Oktober 2019.  Perhelatan MTQ Tingkat  Pelajar XXXIV dan Umum XXVIII dipusatkan di komplek Pendopo Kabupaten Jepara diikuti 368 peserta dari 16 kecamatan.
Hadir dalam pembukaan Plt. Bupati, Kepala Kemenag Kabupaten Jepara, Asisten Pemerintahan Bidang Perekonomian dan Pembangunan, Kepala Bagian Kesra Setda Jepara, Pengurus LPTQ, Dewan Hakim, tokoh agama, tokoh masyarakat, dan tokoh pemuda serta para tamu undangan lainnya.
Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Jepara, Nor Rosyid mengungkapkan MTQ kali ini terbagi dalam 11 majlis. Cabang Tahfidz 10 Juz, 20 Juz DAN 30 Juz Pa-Pi,  Cabang Tilawah dan Tartil MTs/SMP Pa-Pi, Cabang Tilawah dan Tartil MA/SMU/SMK Pa-Pi, Cabang Tilawah dan Tartil SD/MI Pa-Pi, Cabang Tahfidz 1 Juz DAN Tilawah Pa-Pi Umum DAN Pelajar, Cabang Tilawah DEWASA Pa-Pi, Remaja Pa-Pi, ANAK Pa-Pi, Cabang Tahfidz 5 Juz dan Tilawah Pa-Pi Umum DAN Pelajar, Cabang Fahmil Qur'an Caba…

Amalan Sunnah yang Baik Dilakukan Di Bulan Safar



Kepala Penyelenggara Syariah Kantor Kemenag Kota Tasikmalaya, H. Cecep Nurholis, S.Ag, M.Pd.I mengungkapkan keistemewaan beberapa amalan di bulan Safar menjadi tema pembahasan saat melakukan pembinaan ASN di Aula Kantor Kemenag, Senin (7/10/2019).

Selain itu, H. Cecep juga menjelaskan mengenai doa, amalan sunnah yang baik dilakukan ketika bulan Safar. "Safar adalah bulan kedua dalam kalender Qamariyah, setelah Muharram dan sebelum Rabiul Awwal. pada dasarnya, seluruh bulan adalah baik dan mendatangkan kebaikan,” jelasnya.

Ia menambahkan  bagi umat Islam yang beriman tak segan melakukan amalan-amalan terpuji sebagai ikhtiar agar sehat, tenang dalam menjalani kehidupan. Salah satu amalan baik yang ia anjurkan adalah memperbanyak bacaan shalawat, shodaqoh dan sholat hajat.

Banyak sekali firman Alloh dan hadist nabi yang membahas  fadilah dan keutamaan berbagai amalan tersebut.
Seperti shodaqoh yang terkenal sebagai amalan penolak bala, atau pencegah musibah. Karenanya…

Dewan Ulama Thariqah Internasional Bantu Korban Wamena Rp 2,5 Miliar

Dewan Ulama Thariqah Internasional membantu para perantau asal Sumatera Barat yang menjadi korban kerusuhan di Wamena, Kabupaten Jayawijaya Papua sebesar Rp2,5 miliar.

Dewan Pembina organisasi Dewan Ulama Thariqah Internasional, Syekh Maulana Muhammad Ali Hanafiah Ar Rabbani di Padang, Senin, mengatakan bantuan yang diberikan dalam dua bentuk kepada korban kerusuhan Wamena.

Pertama, bantuan sebesar Rp2,5 miliar untuk korban kerusuhan asal Minangkabau di Wamena yang rumahnya menjadi korban kerusuhan.

Penyerahan dana bantuan Rp2,5 miliar ini diberikan langsung secara simbolis oleh Dewan Ulama Thariqah kepada Forum Sumbar Bersatu yang dipercaya untuk menyalurkan dana tersebut.

"Forum Sumbar Bersatu kita tunjuk sebagai pelaksana di lapangan dalam pengelolaan bantuan ini," katanya.

Sementara itu, bantuan kedua sebesar Rp50 miliar yang akan diberikan kepada seluruh korban kerusuhan di Wamena dalam bantuan modal usaha tanpa bunga.

Dana ini akan diberikan nantinya yang direncanakan…

Musriadi, Penghulu KUA Marioriwawo Soppeng Raih Gelar Doktor Sangat Memuaskan



Musriadi, Penghulu KUA Kecamatan Marioriwawo Kabupaten Soppeng berhasil menyelesaikan studi S3 dan menyandang gelar Doktor ke-757 Program Dirasah Islamiyah Konsentrasi Syari'ah/Hukum Islam dengan predikat sangat memuaskan pada Selasa, (8/10/2019) di Gedung Rektorat UIN Alauddin Samata, Kabupaten Gowa.
Dia sukses mempertahankan disertasi berjudul "Perlindungan Hukum Terhadap Isteri Nikah Sirri Korban KDRT Perspektif Hukum Positif dan Hukum Islam" studi kasus di Kabupaten Soppeng.
Dihadapan para Dewan Penguji, Musriadi mengungkapkan enam faktor penyebab terjadinya KDRT pada pernikahan sirri di Kabupaten Soppeng yaitu dominasi laki-laki terhadap perempuan, pemahaman Agama yang tidak sesuai dengan nilai universal Agama, poligami sirri, kemiskinan/ekonomi, alkohol/miras, dan pernikahan tidak berkekuatan hukum. 
Kemudian bentuk-bentuk kekerasan yang dialami istri nikah sirri antara lain kekerasan fisik, psikis, dan penelantaran.
Berdasarkan hal tersebut, maka …

Pemerintah Kucurkan Rp 400 Triliun Untuk Bangun Desa pada 2020



Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi meminta perguruan tinggi aktif memberikan pendampingan kepada desa agar pemerintah desa paham bagaimana membangun desanya berdasarkan potensi dan tantangan yang dimiliki.
"Saya mengapresiasi kegiatan Universitas Jember Membangun Desa yang salah satunya diwujudkan melalui Program Kuliah Kerja Nyata tematik, yang terbukti mampu memberikan kontribusi kepada desa," kata Direktur Jenderal Pembangunan Daerah Tertinggal Kemendes PDTT Samsul Widodo dalam siaran pers, Kamis (10/10/2019).
Hal tersebut disampaikan saat memberikan sambutan Festival Universitas Jember Membangun Desa (UMD) yang digagas Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LP2M) Universitas Jember (Unej) di Auditorium Universitas Jember, Rabu (9/10).
Ia menjelaskan pemerintah berencana mengucurkan dana Rp400 triliun untuk Dana Desa pada 2020 hingga 2024 yang dialokasikan kepada 74 ribu lebih desa di Indonesia, sehingga setiap desa memperoleh Rp1 mi…

Bamsoet Harap DPR dan Pemerintah Segera Perbaiki dan Mengesahkan RUU KUHP Sesuai Aspirasi dan Kritik Masyarakat



Ketua MPR RI Bambang Soesatyo menegaskan bangsa Indonesia sangat memerlukan KUHP yang baru mengingat sudah 74 tahun merdeka, Indonesia masih menggunakan KUHP peninggalan Belanda. Karenanya, Bamsoet berharap DPR RI dan Pemerintah bisa segera membahas kembali RUU KUHP dengan memperhatikan semua kritik dan aspirasi dari masyarakat.

"Pembahasan RUU KUHP memang sedang ditunda terlebih dahulu. Pemerintah dan DPR RI sepakat untuk cooling down sehingga bisa sama-sama kembali terjun menyerap aspirasi dari berbagai elemen masyarakat. Kita sangat membutuhkan KUHP yang baru karena KUHP saat ini masih merupakan produk kolonial Belanda," ujar Bamsoet saat menerima Forum Dekan Ilmu-Ilmu Sosial Perguruan Tinggi Negeri se-Indonesia, di Ruang Kerja Ketua MPR RI, komplek MPR, DPR, dan DPD RI, Jakarta, Senin (7/10/10).

Turut hadir 15 dekan Ilmu Sosial Perguruan Tinggi Negeri se-Indonesia, antara lain Dekan FISIP UNHAS Prof. Dr Amin, Dekan FIS UNJ Dr. Muhammad Zid, Dekan IPDN Bandung Dr. Ismail…

Perpuhi Siap Gandeng GIA Charter Layani Jamaah Umrah



Persaudaraan Pengusaha Travel Umrah dan Haji Indonesia (Perpuhi) siap menjalin kerja sama dengan GIA Charter untuk melayani penerbangan jamaah umrah dari Kota Solo, Jawa Tengah,  yang ingin menggunakan pesawat Garuda Indonesia.

"Ini menyusul informasi yang kami peroleh bahwa mulai awal  2020  wholesaler yang ditunjuk pihak Garuda Indonesia sudah tidak menjual tiket penerbangan langsung Solo-Jeddah maupun Solo-Madinah," kata Ketua Perpuhi Her Suprabu di Solo, Senin (7/10/2019).

Dengan demikian, katanya, ada kemungkinan mulai saat itu tidak ada lagi penerbangan Garuda Indonesia yang melayani rute langsung Solo-Jeddah dan Solo-Madinah.

Menurut dia, penerbangan akan melalui proses transit di Jakarta yang akan berdampak pada waktu perjalanan yang makin lama dan biaya yang makin besar.

"Oleh karena itu, sebagai gantinya ada GIA Charter yang mengurusi carter pesawat. Ke depan, untuk penerbangan umrah langsung dari Solo bisa dipenuhi dari pesawat carter tersebut," katanya…