Pangkas Percaloan, Disnakertrans Banten Luncurkan Aplikasi “Siloker”

Disnakertrans Banten meluncurkan aplikasi informasi lowongan pekerjaan. Peluncuran siloker bertempat di Alun-alun Barat Kota Serang, Kamis (22/11/2018). (kabar-banten.com).
BRNews.id - Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Provinsi Banten meluncurkan aplikasi berbasis android bernama Sistem Informasi Lowongan Kerja (Siloker), dalam kegiatan Banten Expo yang digelar di Alun-alun Kota Serang, Kamis (22/11/2018).


Aplikasi ini memuat informasi lowongan kerja perusahaan di Provinsi Banten.

Dikutip dari Kabar-banten.com disebutkan, melalui aplikasi itu, masyarakat yang ingin mencari kerja di Banten dapat mengunduh melalui handphone pintar berbasis android. Kemudian, mendaftarkan akun dengan menyertakan nama lengkap sesuai KTP, NIK, nomor hanphone dan kata sandi. Nomor handphone dan kata sandi tersebut digunakan untuk login.

Setelah masuk, pengguna dapat melihat dan melamar lowongan kerja yang sesuai kriteria. Sebelum melamar pengguna sebaiknya melengkapi profil, dengan menyertakan tempat tanggal lahir, alamat lengkap, pendidikan, nomor handphone, pendidikan non formal dan pengalaman kerja.

Aplikasi akan mendeteksi mana lowongan yang sesuai kriteria pengguna. Deteksi ini berdasarkan profil yang sudah masukan. “Untuk para pencari kerja agar dapat mengakses Siloker ini sendiri, dimana siloker merupakan tempat mencari pekerjaan,” kata Disnakertrans Banten, Al Hamidi saat ditemui di lokasi launching.

Siloker mempermudah masyarakat mencari kerja, karena informasi lowongan kerja yang sebelumnya hanya berada di perusahaan dapat diakses mudah oleh masyarakat luas. “Pelamar bisa mendaftarkan diri tinggal ketik nama, NIK dan nomor handphone, itu sudah bisa mengakses lowongan yang ada di Provinsi Banten,” ucapnya.

Informasi lowongan kerja yang tersedia langsung dari perusahaan penyedia lowongan. Mereka telah diwajibkan melaporkan lowongan kerja kepada pihaknya, untuk selanjutnya disampaikan melalui aplikasi.

“Perusahaan diwajibkan melaporkan setiap lowongan yang ada di Provinsi Banten, misalkan perusahaan ini ada lowongan, dalam satu bulan ini ada lowongan berapa lowongan, maka dia wajib melaporkan. Melaporkannya bisa melalui manual dan bisa juga melalui sistem android,” ujarnya.


Perusahaan penyedia lowongan kerja dalam Siloker bisa dari luar Provinsi Banten. Ketentuannya, perusahaan bersangkutan membuat akun dengan ketik nama perusahaan dan nomor admin.

“Perusahaan bebas di luar Banten juga dapat mendaftarkan syaratnya, ketik perusahaan terus nomor HP (Handphone) admin perusahaan itu sendiri, dengan catatan dia sudah melaksanakan wajib lapor ketenagakerjaan sebagai diatur dalam Undang-Undang 7 tahun 1981 (tentang wajib lapor ketenagakerjaan di perusahaan),” ujarnya.

Namun demikian, informasi lowongan kerja dalam Siloker hanya dapat diakses oleh masyarakat Banten. Dengan demikian, masyarakat dari luar Banten tidak dapat mengakses informasi lowongan kerja melalui aplikasi ini.

“Bagi masyarakat luar Banten dia harus pindah dulu ke Banten jika ingin melamar di Banten,” katanya.

Dia berharap, penyediaan aplikasi Siloker dapat menekan angka pengangguran Banten yang saat ini berada di posisi tertinggi di Banten. Selain itu, aplikasi ini juga dapat memangkas praktik percaloan tenaga kerja di Provinsi Banten.

“Inilah solusi barangkali apa yang dilakukan Disnakertrans, dalam rangka untuk mengurangi pengangguran, di sisi lain akan memotong angka percaloan tenaga kerja yang ada di Provinsi Banten ini,” kata Al Hamidi. (kbc/mnm).

Subscribe to receive free email updates: