Pokjaluh Kota Bandar Lampung Gelar Evaluasi

BRNews - Dalam rangka memperkuat dan mengoptimalkan tugas dan fungsi kerjanya, Penyuluh Agama Islam yang bergabung dalam Kelompok Kerja Penyuluh (Pokjaluh) Kota Bandar Lampung mengadakan Rapat Koordinasi, Selasa (21/08) di Aula Kantor Kementerian Agama Kota Bandar Lampung.


Rapat ini dihadiri oleh Pt. Kepala Seksi Bimas Islam Kantor Kemenag Bandar Lampung, Imam Mahali, S.Ag., M.Kom.I, dengan dipimpin oleh Ketua Pokjaluh Kemenag Bandar Lampung, Hamam Syafe'i, S.Ag, dan diikuti oleh 30 orang Penyuluh Agama Islam (PAI) Pegawai Negeri Sipil (PNS).

Dalam pengantarnya, Hamam mengungkapkan bahwa tujuan diadakan rapat koordinasi ini untuk bersilaturahim dalam rangka masih nuansa Idul Adha Tahun 1439 H/2018 M dan juga untuk mengevaluasi kinerja yang telah dilaksanakan serta meningkatkan dan menguatkan tusi kita sebagai Penyuluh Agama Islam di Kota Bandar Lampung.
 
"Rapat evaluasi ini sangat penting bagi penyuluh, selain untuk mengukur ketercapaian program kerja Pokjaluh, juga memuat informasi-informasi penting kekinian yang tengah berkembang serta materi bimbingan apa yang harus disampaikan penyuluh kepada masyarakat, seperti berita hoax, intoleransi, produk halal, dll, tuturnya.
 
Hamam jugamereview hasil login dan pengiriman laporan pada e-kinerja bagi penyuluh PNS dan Pada e-pai bagi penyuluh non PNS. Ia jugamewanti wanti kepada penyuluh PNS dan penyuluh non PNS untuk disiplin dalam membuat laporan di dalam aplikasi e-kinerja tersebut sebagai bukti atas apa yang telah kita kerjaan.
 
Selain mengevaluasi ketercapaian program kerja bimbingan rutin berupa dakwah agama di majelis-majelis taklim yang yang telah dilaksanakan penyuluh selama tiga bulan, juga menyepakati dan menetapkan materi-materi yang menjadi kurikulum wajib bagi setiap penyuluh dalam menyampaikan pembinaannya kepada masyarakat.
 

Hal ini dilakukan agar informasi keagamaan yang diterima masyarakat seimbang dan tujuan pembelajarannya pun tercapai. Di samping itu, disepakati pula bahwa setiap penyuluh memiliki sense of crisis, peka terhadap permasalahan yang tengah booming di masyarakat, dengan harapan masyarakat mendapat pencerahan, pandangan dan penilaian yang utuh untuk menentukan sikapnya.
 
Diakhir arahannya, Ketua Poklajuh Kota Bandar Lampung tersebut berharap penyuluh bisa melaksanakan tugas dengan baik. Itu karena penyuluh adalah corong terdepan dalam membantu melaksanakan program Kemenag Kota Bandar Lampung. (kemenag lampung/gie/sry).
 

Subscribe to receive free email updates: