Idul Adha sebagai Implementasi Kepedulian Sosial

BRNews - Pada bulan Dzulhijjah ini, ada dua perkara besar yang dianjurkan dalam Islam, yaitu ibadah haji dan ibadah qurban. Ibadah qurban mengajarkan dan mendidik kita umat Islam untuk menjadi umat yang memiliki kepedualian sosial dengan mau mengorbankan hal yang dimilikinya untuk membantu anak yatim, orang miskin dan orang yang membutuhkan pertolongan.


Demikian disampaikan oleh Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Bandar Lampung, Drs. H. Seraden, M.H, saat pelaksanaan Penyembelihan Hewan Kurban Kantor Kementerian Agama Kota Bandar Lampung, Rabu (22/08), di Kawasan Tabek Indah, Kecamatan Natar Kabupaten Lampung Selatan.

Ia menjelaskan bahwaHari raya Idul Adha ini menekankan pada arti kurban untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT dan sebagai bentuk kepedulian terhadap sesama. Dimana kita diajarkan untuk memberikan sesuatu uang terbaik yang dimiliki untuk kemaslahatan ummat. Hal tersebut dapat dilihat dalam qurban, hewan yang disembelihnya harus bebas daricacat dan merupakan hewan terbaik.

Dalam berkurban ini, menurutnya, mengajarkan untuk selalu peka dan peduli dengan lingkungan di sekitar kita. Ketika berkurban, kita membagikan daging-daging kurban kepada fakir miskin sebagai perwujudan sikap peduli terhadap kondisi sosial masyarakat. 

Bahkan pembagian daging kurban ini menurut sebagian fuqaha seperti Imam Hasan al-Basri, Abu Hanifah, Abu Tsur, dan Ibnu Qudamah dapat dilakukan kepada semua elemen masyarakat, tanpa membedakan suku, bangsa, dan agama. Artinya, daging kurban boleh dibagikan kepada fakir miskin dari kalangan non muslim.

Dan berkurban ini juga menyadarkan kita akan kekurangan diri sendiri sebagai hamba Allah, hanya Dia lah Yang Maha Sempurna, dengan demikian sikap saling hormat dan menghargai orang lain akan tumbuh di dalam diri kita. Ditambahkannya juga dalam berkurban ini kita dididik untuk selalu ikhlas dalam berbuat dan beribad, dan ini adalah inti dari ibadah kurban. Sebab bila suatu perbuatan itu laksana tubuh maka ruhnya adalah keikhlasan.


"Saya mengajak kepada seluruh umat Islam khususnya Kantor Kementerian Agama Kota Bandar Lampung untuk mengupayakan berkurban setiap tahunnya sebagai wujud rasa sayang kita dengan sesama", harap Seraden. (kemenag lampung/gie/sry).

Subscribe to receive free email updates: