MTs Muslimat NU Perlombakan Kebersihan Kelas

Lomba kebersihan ruang kelas MTs Muslimat NU (kemenag)
BaiturahmanNews - Untuk membudayakan hidup bersih, Madrasah Tsanawiyah (MTs) Muslimat NU Palangka Raya rutin menggelar lomba kebersihan dan kelengkapan administrasi kelas. Lomba ini dilaksanakan setiap tiga bulan sekali. Lomba yang selalu ditunggu-tunggu para siswa ini selain memperebutkan piala, juga uang pembinaan serta gelar kelas terbersih dan favorit.

Dalam lomba ini, seperti dirilis situs kemenag kalteng, masing-masing kelas diberikan waktu selama satu minggu untuk memersiapkan seluruh perangkat yang mendukung untuk menjadikan kelas mereka sebagai kelas terbersih dan terlengkap. Siswa-siswi dibebaskan berkreasi secara mandiri menghias kelas agar terlihat rapi dan menarik.
Kepala MTs Muslimat NU, Rita Sukaesih mengatakan, tujuan dilaksanakannya kegiatan lomba kebersihan dan kelengkapan administrasi kelas ini adalah untuk mendidik siswa-siswi akan pentingnya kebersihan dan menciptakan jiwa cinta lingkungan terhadap madrasah khususnya kelas masing-masing.
Selain itu juga melatih seluruh siswa-siswi menjaga dan mencintai kebersihan, bertanggungjawab, disiplin, dan juga agar melatih seluruh Siswa/i untuk berperilaku dengan pola hidup sehat.
"Dengan kondisi sekolah bersih, maka mereka akan merasakan kenyamanan dalam belajar. Mereka juga akan terhindar dari penyakit," ucapnya.
Ditegaskan, banyak hal yang bisa ditempuh agar kelas sebagai tempat belajar tetap bersih dan nyaman. Mulai dari membiasakan diri menjaga kebersihan, seperti tidak membuang sampah sembarangan, membersihkan sepatu sebelum masuk kelas, menyapu dan mengepel kelas secara rutin.
"Cara yang paling umum dan populer, dari zaman dulu hingga kini adalah membersihkan kelas sendiri. Ya, para siswa-siswilah yang bertanggungjawab membersihkan kelasnya agar suasana kelas nyaman dan membuat belajar semakin semangat," ucap Rita Sukaesih. (nm)

Subscribe to receive free email updates: