62 Jemaah Calon Haji Ternate Telah Lunasi Biaya Haji

Petugas melakukan perekaman bio visa kepada seorang jemaah calon haji Kota Ternate yang sakit. Foto Kemenag
Kota Ternate Maluku Utara pada musim haji tahun 1445H/2024M ini mendapatkan  kuota  haji sebanyak 269 jemaah. Dan sebanyak 62 calon jemaah haji (calhaj) reguler Ternate, telah melakukan pelunasan biaya hajinya. 

Sedangkan yang memenuhi syarat Istitha’ah sebanyak 148 jemaah dengan rincian memenuhi syarat istitha’ah kesehatan haji dengan pendampingan sebanyak 131 jemaah dan memenuhi syarat Istitha’ah kesehatan haji sebanyak 17 jemaah.

Hal tersebut diungkapkan Petugas dari Seksi Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU) Kementerian Agama (Kemenag) Kota Ternate Muhammad Sadik saat ditemui diruang kerjanya. Selasa (23/1/2024).

“Dari data Siskohat PHU Kemenag Kota Ternate per Selasa (23/1/2024) dapat dilihat dari monitoring yang dilakukan, terpantau status yang memenuhi syarat istitha'ah sebanyak 148 jemaah haji dan 62 jemaah haji sudah melunasi biaya hajinya,” kata Muhammad Sadik petugas di Seksi PHU Kemenag Kota Ternate.

Menurut Unang begitu lelaki itu akrab disapa,  Kantor Kementerian Agama Kota Ternate  telah memulai melaksanakan Operasional Haji Musim Haji 1445 H/ 2024M yang ditandai dengan dimulainya kegiatan Dokumentasi Perjalanan Ibadah Haji, Proses Pengajuan dan Penerbitan Paspor Haji yang sudah diproses sekaligus dilakukan Perekaman Visa Bio dan Pemeriksaan Kesehatan Haji di Rumah Sakit Umum Kota Ternate.

“Seluruh tahapan ini sebagai syarat proses penetapan istita'ah bagi jemaah haji pada tahun ini untuk melakukan Pelunasan BPIH (Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji),” terang Unang.

Ia merinci, dokumen paspor jemaah yang sudah diterbitkan oleh Kantor Imigrasi Kelas I Kota Ternate, dari jumlah yang diajukan sebanyak 170 dokumen paspor, telah terbit 77 dokumen paspor dan masih tersisa 93 dokumen  masih dalam proses.

Seksi PHU Kemenag Kota Ternate, lanjut Unang diantaranya sudah melakukan observasi kepada jemaah yang belum melakukan pemeriksaan kesehatan dan perekaman Visa Bio kepada jemaah yang sementara dirawat di rumah sakit atas permintaan jamaah dan yang sakit di rumah.

Sementara itu, Kepala Seksi PHU Kemenag Kota Ternate, Nurmala Basta ketika ditemui mengatakan pihaknya sudah membentuk tim dan langsung mendatangi jemaah haji yang sedang sakit baik yang dirawat di rumah sakit maupun yang dirawat dirumah, agar mempercepat proses perekaman Bio Visa.

"Langkah ini dimaksudkan untuk mempercepat seluruh proses dokumentasi Jamaah Haji yang menjadi syarat pelunasan BIPIH, ini kita lakukan sesuai arahan Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Ternate,” tandasnya. (kmg|ulul|alfa)


Subscribe to receive free email updates: