Baznas 21 Tahun, Wapres Ma'ruf dan Menag Yaqut Berharap Baznas Terus Amanah Menjalankan Fungsinya

Wapres KH Ma'ruf Amin
Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) merayakan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-21. Wakil Presiden Ma’ruf Amin berharap Badan Amil Zakat Nasional (Baznas)  amanah dalam menjalankan tugas dan fungsinya mengelola dana sosial syariah masyarakat.

"Saya juga berharap Baznas terus menciptakan dan melaksanakan program pengelolaan dana zakat yang didasarkan pada data nasional yang terstandarisasi dan terintegrasi," kata Wapres melalui konferensi video di HUT ke-21 Baznas, Senin (17/1/2022)

Ma’ruf Amin meminta seluruh pengurus Baznas untuk mengelola dana zakat dengan baik, mulai dari perencanaan hingga pelaporannya dengan memanfaatkan teknologi digital.

Wapres juga mengapresiasi peran Baznas selama 21 tahun dalam sektor pengelolaan dana sosial syariah, sebagai upaya untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

"Selama 21 tahun perjalanannya, Baznas telah memainkan peran strategis di bidang pengelolaan dana sosial syariah, sebagai bagian dari upaya kolaboratif untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat," tambahnya.

Dalam usia 21 tahun, Menag Yaqut Cholil Qoumas juga berharap Baznas dapat terus meningkatkan manfaat zakat untuk kesejahteraan umat.

“Terus tingkatkan manfaat zakat untuk kesejahteraan masyarakat dan penanggulangan kemiskinan di Indonesia,” pesan Menag dalam sambutan virtual di Jakarta, Senin (17/1/2022).

Menurut Menag, zakat sangat berperan dalam menopang pembangunan nasional. Sebagai instrumen redistribusi harta, zakat sangat berperan untuk mempercepat kemudahan akses memperoleh kesehatan, pendidikan, sosial, dan ekonomi. 

Dengan demikian, zakat diharapkan dapat memutus rantai kemiskinan dan mempercepat kesejahteraan rakyat. “Zakat adalah refleksi dari kesadaran beragama bagi umat Islam yang tidak dapat dipisahkan dari tanggungjawab sosial sebagai warga negara,” ujarnya dilansir Humas Kemenag.

Dikatakan, selaku lembaga pengelola dan penyalur zakat, menjadi tugas Baznas untuk meningkatkan efektifitas dan efisiensi pelayanan dalam mengelola zakat. 

Baznas juga dituntut melakukan inovasi dan terobosan kebijakan yang diperlukan dalam rangka penguatan sistem dan peningkatan pengelolaan zakat yang berorientasi pada kepentingan umat. Lebih dari itu, Baznas harus senantiasa memelihara komitmen keumatan, kebangsaan, dan kemanusiaan. 

“Saya mengajak segenap jajaran Baznas, pusat dan daerah, agar semakin memperkuat koordinasi dan sinergi dengan Kementerian Agama sebagai leading sector regulasi, kebijakan dan pengawasan pengelolaan zakat secara nasional. Baznas juga perlu terus meningkatkan kerjasama dengan berbagai instansi, ormas-ormas Islam, dan sebagainya,” tuturnya.

“Sebagai Menteri Agama, saya mengucapkan selamat Hari Ulang Tahun (HUT) Baznas ke-21 tahun 2022. Terus berikhtiar untuk mewujudkan visi  menjadi Lembaga Utama Menyejahterakan Umat menuju Indonesia Maju,” tutupnya. (ant|hms|ulul)

Post a Comment for "Baznas 21 Tahun, Wapres Ma'ruf dan Menag Yaqut Berharap Baznas Terus Amanah Menjalankan Fungsinya"