Transformasi Digital yang Dicanangkan Kemenag Untuk Memberi Pelayanan yang Terbaik

Sekretaris Ditjen Bimas Islam, M. Fuad Nasar meminta agar layanan oleh para aparatur sipil negara (ASN) di lingkungan Kementerian Agama, baik tingkat pusat hingga Kantor Urusan Agama (KUA) di kecamatan, mengedepankan sikap yang ramah dan humanis. 

"Hidupkan spirit ibadah dalam melayani masyarakat tanpa diskriminasi dengan niat ikhlas di hati dan perbuatan," kata Fuad dalam keteerangannya dilansir Humas Ditjen Bimas Islam, Senin (15/11/2021). .

Disebutkannya, jika ada masyarakat yang datang, termasuk misalnya anak sekolah atau mahasiswa yang sedang mencari tempat praktek kerja lapangan atau magang, terimalah dengan ramah, senyum, tanya apa keperluannya, lalu diarahkan dengan sopan. 

"Maka saya yakin, siapapun akan senang, terkesan dan respek dengan budaya kerja institusi kita," ujar Fuad menambahkan.

Fuad menceritakan pengalaman pribadinya saat masuk ke sebuah perpustakaan di salah satu kampus swasta, ia terkesan dengan keramahan petugas yang menyapa penuh keramahan terhadap para pengunjung.

"Karena mungkin dia melihat saya seperti kebingungan, lalu dia menghampiri dan menyapa saya, bahkan diarahkan menuju tempat buku yang saya cari. Itu merupakan layanan publik yang humanis," terang Fuad.

Ia menegaskan, dalam rangka meningkatkan layanan publik di Kementerian Agama, maka pelayanan yang ramah dan humanis tanpa diskriminasi atau istilah dalam agama, "ihsan" akan membuat masyarakat terkesan dan mengapresiasi hal tersebut. 

Adanya program Transformasi Digital yang dicanangkan Menteri Agama, lanjutnya, tiada lain untuk pelayanan yang terbaik.

Karena itu ia mengingatkan jangan sampai masyarakat masih mempunyai stigma bahwa berurusan dengan birokrasi itu rumit, kita harus ubah pandangan itu menjadi birokrasi yang profesional melayani.

"Singkirkan jauh-jauh pameo, kalau bisa dibikin sulit kenapa dipermudah. Tapi sebaliknya justru kalau bisa dipermudah kenapa dipersulit, kalau bisa dipercepat kenapa mesti diperlambat, kalau bisa diselesaikan hari ini jangan ditunggu besok, dalam arti yang positif tentunya," tutupnya. (hms|kmg|ulul)

Post a Comment for "Transformasi Digital yang Dicanangkan Kemenag Untuk Memberi Pelayanan yang Terbaik"