Jangan Kaget, Gus Baha: Shalat Awal Waktu Tidak Wajib

Gus Baha
Ulama ahli tafsir Indonesia KH Ahmad Bahauddin Nursalim atau Gus Baha mengatakan Islam itu mudah.Ia memberikan  memberikan contoh tentang shalat, bahwa shalat awal waktu itu hukumnya tidak wajib.

Menurut Gus Baha, dirinya pernah didawuhi Mbah Moen bahwa Nabi Muhammad pernah bersabda jika shalat awal waktu itu merupakan anugerah. Shalat pada pertengahan waktu merupakan rahmat, dan shalat di akhir waktu adalah ampunan.

Karena itu, pria yang akrab disapa Gus Baha menyatakan, jika ibadah mulai jadi masalah, maka hal tersebut harus segera dihindari.

Ia memberi contoh,  jika kamu membaca al-Quran  hatimu masih senang, jika hatimu mulai tidak senang, maka harus dihentikan. "Iqrul Quran Mu'talafat alaihi qulubukum, kamu baca quran ketika hatimu senang, kalau mulai tidak suka berhentilah," ujar Gus Baha.

"Jangan sampai Qur'an jadi tersangka, begitu juga shalat," sambungnya.

Menurut Gus Baha, ini fatwanya ulama yang langsung dari Rasulullah yang ada silsilahnya, semua ada takarannya, karena semua manusia pasti ada rasa bosan

Allah SWT misalkan menetapkan waktu dzuhur sejak tergelincirnya matahari sampai panjang bayangan setara, waktu ashar pun demikian, juga maghrib. Ditetapkan waktu tersebut, lanjut Gus Baha, agar manusia saat dipanggil Allah tahu batas akhirnya

"Semisal dzuhur kan ada waktu 2 jam setengah, 2 jam setengah ini supaya Anda jatuhkan pada waktu yang paling ideal yang Anda senangi," katanya.

"Misalkan Allah wajibkan hanya di awal waktu kan, jika ada orang sedang makan ternyata ada adzan, andaikan shalat wajib awal waktu kan 'wah shalat kok merepotkan orang' ditengah makan harus shalat"

"Itu baru urusan makan, kalau pengantin baru misalnya kan repot, jadi jangan sampai ibadah dianggap problem," bebernya.

Hal tersebut sesuai dengan peristiwa yang terjadi saat zaman Nabi Muhammad. Saat itu Rasulullah memerintahkan para sahabat untuk makan terlebih dahulu meski adzan terdengar.

"Jika makan sore atau malam sudah disediakan, dan terdengar azan isya, maka makanlah terlebih dahulu," imbuh Gus Baha

"Jadi zaman Nabi itu ada orang yang ngantuk di awal waktu, andai dia shalat akan kacau, kata Nabi: jika datang waktu shalat, dan kamu mengantuk maka tidurlah,"

"Tapi sekarang banyak orang bodoh masal, kalau enggak awal waktu dosa, tidak boleh seperti itu, bagi yang suka awal waktu silahkan, tapi jangan sampai mewajib-wajibkan," ungkap Gus Baha.

Dia menjelaskan ada ulama yang memiliki sanad shalatnya itu di akhir waktu. Hal itu sebagai pengingat bahwa shalat di awal waktu itu tidak wajib.

"Itu tujuannya. Di Pondok Al Anwar Mbah Moen, shalat magrib itu akhir waktu, begitu pula subuh," jelas Gus Baha.

Menurut murid Mbah Moen tersebut, itu sebagai langkah mengabadikan ilmu jika shalat di awal waktu itu bukan perkara yang wajib.

"Meskipun lebih baik di awal waktu kita sepakat, tapi masalahnya jika semua awal waktu, lama-lama sholat akan dianggap problem," terangnya.

Diantara problemnya, misalnya ada seseorang yang tengah dalam perjalanan, sedang makan, atau sedang melakukan sesuatu lalu tiba-tiba terdengar azan dan harus  shalat, bisa berantakan nanti.

"Misal ada ibu yang sedang menyusui, baru 2 sedotan, tiba-tiba azan, terus si ibu itu lari untuk shalat, bisa kacau semua itu," katanya.

"Mbah Moen itu kalau sholat subuh sampai terang, padahal saya tahu beliau di rumah, wong saya pernah menemani beliau saat subuh, ngopi bareng. Santri-santri pujian sampai menjerit, Kyai Maimoen malah tersenyum, ada yang memukul kentongan, subuh, subuh, Kyai sebenarnya gak tidur, sedang ngobrol dengan saya, Kyai hanya tertawa, beliau tidak sedang tidur, tapi tetep di rumah, dan tahu santri pada protes, malah tersenyum."

Mbah Moen lanjut Gus Baha mengatakan jika Nabi pernah bersabda, halat awal waktu itu merupakan anugerah, shalat tengah waktu merupakan rahmat Allah, dan shalat akhir waktu itu ampunan Allah.

"Yang mencari anugerah sudah banyak, yang mencari rahmat sudah banyak, tapi kalau sampai diampuni itu sudah baik," pungkasnya. 

https://mantrasukabumi.pikiran-rakyat.com/khazanah/pr-202734304/gus-baha-sebut-sholat-awal-waktu-tidak-wajib-awal-anugerah-pertengahan-rahmat-dan-akhir-waktu-ampunan?page=4

 

 

 

Post a Comment for "Jangan Kaget, Gus Baha: Shalat Awal Waktu Tidak Wajib"