Kalau Angka Covid Masih Tinggi Kemenag Tidak Berani Lakukan Diplomasi Dengan Saudi

Khoirizi H Dasir (kanan). Foto Kemenag

Plt. Dirjen Haji dan Umrah Khoirizi H Dasir mengatakan,  vaksinasi dan penerapan protokol kesehatan menjadi ikhtiar untuk menanggulangi pandemi. Targetnya, menekan penyebaran Covid-19 di masyarakat khususnya calon jemaah haji.  

“Kewajiban  pemerintah melindungi warga negaranya, salah satunya adalah melindungi jemaah haji dan umrah dari penularan Covid-19,” kata Khoirizi dalam acara  Diseminasi terkait Pembatalan Keberangkatan Jemaah Haji Tahun 1442H/2021M di Magelang, Jawa Tengah, Senin (16/08/2021).

Dia berpendapat, jika pemerintah bersikeras mengirimkan jemaah haji ke Tanah Suci, maka permasalahan pandemi akan semakin besar, kluster baru akan muncul, sehingga bisa membahayakan bukan hanya jemaah haji atau umrah, tapi juga petugas dan yang lainnya.

"Tentu kita tidak ingin masalah ini terus berlanjut. Caranya dengan berikhtiar, menghentikan penyebaran virus dan mengerahkan segala upaya dengan menerapkan prokes dan vaksin," ujarnya.

Khoirizi menjelaskan,  jika covid mereda, penyelenggaraan ibadah haji dan umrah akan mudah dilakukan. Ini bisa menjadi dasar kuat pemerintah, khususnya Kemenag dan Kementerian terkait untuk proses diplomasi ke Arab Saudi.

"Jadi apakah negara kita bisa mengurangi angka covid? Itu tergantung dengan ikhtiar kita. Jika pandemi  membaik  insyaallah kita siap berangkat. Ada dasar yang bisa kami pertanggung jawabkan. jika angka Virus Covid-19 masih tinggi, ikhtiar kita harus disempurnakan lagi," jelasnya.

Dengan segala keterbatasan ibadah dimasa pandemi seperti ini, lanjut dia juga seperti kegiatan PPKM dan lain-lain merupakan kewajiban pemerintah untuk memberikan perlindungan kepada warga negaranya.

"Kalau tidak dibarengi dengan ikhtiar kita semua, siklus cluster Covid-19 akan terus berjalan. Bagaimana kami akan melakukan diplomasi kalau dasarnya belum kuat,” tegas Khoiriz dalam keterangan tertulisnya.

Diterbitkannya peraturan pemerintah terkait dengan Pembatalan Keberangkatan Jemaah Haji dibuat karena kekhawatiran Virus Covid-19 yang masih sangat berbahaya.

"Semoga haji dan umrah kedepannya bisa diselenggarakan. Pemerintah butuh dukungan rakyat untuk ikhtiar dalam menghadapi Pandemi Covid-19. Jika kita bisa berhasil mengatasinya, insyaallah kita bisa membuka akses bukan hanya izin umrah, tetapi juga penyelenggaraan haji di Arab Saudi," pungkasnya. (kmg|alfa)

Post a Comment for "Kalau Angka Covid Masih Tinggi Kemenag Tidak Berani Lakukan Diplomasi Dengan Saudi"