Untuk Keselamatan Kesehatan Jamaah Haji Saudi Gunakan Teknologi Canggih

Robot handsanitizer

Untuk memastikan keamanan jamaah selama haji dan untuk mencegah penyebaran virus corona (Covid-19), otoritas Saudi memanfaatkan teknologi canggih untuk membantu jemaah menjalankan ibadah mereka dengan tenang dan nyaman.

Haji merupakan muktamar manusia terbesar di dunia, dengan hampir 2,5 juta peziarah pada 2019. Tetapi karena pandemi Covid-19, haji tahun ini dibatasi untuk 60.000 peziarah, semuanya datang dari dalam Kerajaan.

Ketika jamaah tiba, mereka memiliki akses  kartu pintar, gelang pintar, dan layanan robot pintar — semuanya dimaksudkan untuk membuat haji menjadi pengalaman yang lebih nyaman.

Fitur dari kartu pintar yang diperkenalkan oleh Kementerian Haji dan Umrah ini mencakup komunikasi jarak dekat (NFC) dan barcode yang akan menyimpan informasi pribadi, medis, dan tempat tinggal. Mereka juga akan memandu peziarah ke tempat tinggal mereka di tempat-tempat suci.

Menurut Hamad Al-Eshiwan, Direktur Pusat Media di Kementerian Haji dan Umrah, kartu pintar itu diproduksi secara lokal dan diberikan kepada para jemaah tahun ini dan akan tersedia untuk para jamaah umrah di masa depan.

“Kami juga akan menyediakan teknologi ini kepada perusahaan haji internasional lainnya untuk klien haji dan umrah di masa depan,” katanya dilansir Arab News.

Al-Eshiwan  mengatakan setiap kartu diberi kode warna karena warna yang berbeda menghubungkan pemegang kartu ke rumah masing-masing di tempat suci. Mereka juga memungkinkan akses ke pintu pintar dan pintu masuk ke tempat perkemahan di tempat-tempat suci.

Selain informasi penting jemaah, kartu tersebut juga memungkinkan jemaah untuk memeriksa rute perjalanan dan jadwal haji yang telah direncanakan sebelumnya. Melalui kartu ini, peziarah dapat memilih makanan sehari-hari mereka, yang akan membantu menghindari tempat-tempat ramai.

Menjelaskan perlunya kartu-kartu ini, Amr Al-Maddah, Wakil Menteri untuk Layanan Haji dan Umrah, mengatakan bahwa kartu pintar diluncurkan untuk menempatkan keselamatan dan kenyamanan jemaah sebagai prioritas utama dan untuk “memperkaya pengalaman mereka.”

Dia menambahkan bahwa peziarah dapat mengisi kuesioner evaluasi layanan tentang pengalaman mereka  akan membantu meningkatkan layanan dan memenuhi harapan tertinggi peziarah.

Kartu pintar juga dapat ditautkan dan dibaca melalui aplikasi "Sha'ir", yang juga akan membantu pihak berwenang dalam menyediakan layanan apa pun yang diminta.

Saudi Data and Artificial Intelligence Authority (SDAIA) meluncurkan layanan gelang pintar bekerja sama dengan Program Layanan Tamu Tuhan, dalam kemitraan dengan Saudi Telecom Company Group (STC).

Sekitar 5.000 gelang dibagikan kepada para peziarah tahun ini karena gelang yang berbentuk jam tangan ini dilengkapi dengan GPS dan menggunakan data untuk teknologi Internet of Things (IoT).

Gelang menyediakan layanan terintegrasi yang mencakup semua data pribadi seorang peziarah, termasuk status kesehatannya terkait Covid-19.

Dr Abdullah bin Sharaf Al-Ghamdi, presiden SDAIA, menggambarkan inisiatif tersebut sebagai langkah penting untuk melayani para peziarah.

“Peziarah yang memakai gelang ini dapat memeriksa detak jantung dan tingkat oksigen mereka,” kata Al-Ghamdi. “Mereka juga dapat meninjau status kesehatan mereka karena gelang ini terhubung dengan aplikasi Tawakkalna.” 

Peziarah dengan gelang dapat melaporkan masalah keamanan atau mencari bantuan dari pusat kendali mereka, yang mencakup perwakilan dari berbagai otoritas kesehatan, keamanan, dan haji.

“Pusat ini memantau segala sesuatu yang terjadi pada para peziarah, apakah itu masalah keamanan atau kesehatan, atau bahkan kecelakaan,” kata Al-Ghamdi. “Gelang ini juga dapat membantu pihak berwenang mengambil tindakan saat dibutuhkan.”

Kepresidenan Umum Masjidil Haram dan Masjid Nabawi meluncurkan layanan robot pintar bulan lalu ketika 10 robot bergabung dengan tim desinfeksi Masjidil Haram.

Untuk membantu menggagalkan penyebaran Covid-19, robot-robot tersebut membantu dalam rutinitas disinfeksi Masjidil Haram. Robot dilengkapi dengan program khusus untuk menganalisis persyaratan desinfeksi area yang ditugaskan. Mereka dapat beroperasi antara lima dan delapan jam tanpa campur tangan manusia.

Pada musim haji 2019, Kementerian Kesehatan memperkenalkan robot haji pertama yang memberikan konsultasi dan pemeriksaan medis jarak jauh dengan penggunaan teknologi kecerdasan buatan (AI).

Asisten profesor AI di Universitas Umm Al-Qura, Tahani Al-Subait, mengatakan kepada Arab News bahwa seorang dokter di Riyadh, misalnya, dapat memberikan bantuan medis melalui robot kepada seorang pasien di tempat-tempat suci. 

"Dokter dapat memantau robot dari jarak jauh dan memerintahkannya untuk mengukur suhu pasien dan memeriksa denyut nadi mereka dengan stetoskop," katanya.  (arabnews|azka)

Post a Comment for "Untuk Keselamatan Kesehatan Jamaah Haji Saudi Gunakan Teknologi Canggih "