Mereka yang Tercatat Dalam Sejarah Ikut Membangun Ka'bah


Buku-buku sejarah menyebutkan ada sekita sebelas nama yang membangun kembali Baitullah (Ka'bah). Di antara mereka yang disebut-sebut telah membangun Ka'bah  adalah sebagai berikut:

1. Para Malaikat.

2. Adam as. Dikatakan bahwa itu dibangun oleh Adam (saw) dibantu oleh para Malaikat (saw).

3. Ibrahim bekerja sama dengan putranya Ismail (saw).

4. AI-Amaliqah.

5. Jurhum.

6. Qusai, kakek keempat Nabi Muhammad SAW.

7. Quraisy. Nabi Muhammad SAW hadir selama pembangunan ini dan berpartisipasi, lima tahun sebelum kenabiannya, dengan membawa batu dengan bantuan pamannya Abbas ke lokasi pembangunan Ka'bah. Dia juga memainkan peran yang bijaksana dalam menentukan siapa yang berhak menempatkan Hajar Aswad pada tempatnya.

8. Abdullah lbn Al-Zubair pada tahun 65 H. Ini setelah pengepungan AI-Husain Ibn Numair, yang datang dengan pasukannya atas nama Yazid Ibn Muawiyah untuk berperang melawan lbn AI-Zubair . 

Dia menyerang Ka'bah  dengan ketapel, menyebabkan dindingnya runtuh dan terbakar. Ini mengharuskan pembongkaran dan rekonstruksi lengkap setelah penarikan Al-Husain dan pasukannya.

 9. AI-Hajjaj pada tahun 74 H. Bahkan, pembangunan oleh AI-Hajjaj tidak dianggap sebagai tambahan yang komprehensif karena hanya pembongkaran tambahan yang dilakukan oleh Ibn AI-Zubair.

 10. Sultan Utsmaniyah, Murad Khan, pada tahun 1040 H., setelah sebagian besar sisi Ka'bah hancur akibat hujan deras dan aliran deras yang membanjiri Makkah pada sore dan malam hari Kamis tanggal 20 Sya'ban, 1039 H

Mereka adalah sosok-sosok yang menyempurnakan membangun Ka'bah sepanjang sejarah. 

Ka'bah tahun 1960 diterjang banjir (Foto Sharifain)

Maksud dan tujuan utama penulisan catatan ini adalah untuk menjelaskan pengaturan arsitektur dalam sejarah Ka'bah Suci. Seperti disebutkan sebelumnya, beberapa pandangan bersifat dugaan. Pernyataan kami terbatas pada ringkasan singkat dari sejarah pembangunan Ka'bah  yang secara historis dan sah.

Ini termasuk bangunan oleh Ibrahim, bekerja sama dengan putranya Ismail (saw), dan bangunan oleh Quraisy yang disumbangkan oleh Nabi Muhammad (saw) ketika dia berusia tiga puluh lima tahun. 

Tambahkan ke ini, bangunan oleh Abdullah Ibn Al-Zubair, dan pembongkaran tambahan oleh Al-Hajjaj Ibn Yusuf Al-Thaqafi, dan bangunan oleh Sultan Ottoman, Murad Khan pada 1040 H. 

Ini membawa kita ke subjek dari catatan sejarah besar ini yang merupakan renovasi lengkap dan menyeluruh dari bangunan Ka'bah  yang dibuat oleh Penjaga Dua Masjid Suci. Semoga Allah memanjangkan umurnya dan melimpahkan kesehatan serta kesuksesan dalam semua usahanya di masa depan. (kabhinfonet)

Post a Comment for " Mereka yang Tercatat Dalam Sejarah Ikut Membangun Ka'bah "