Erick Thohir Tunjuk Cak Nanto Jadi Komisaris Utama Istaka Karya, Ini Jejak Langkahnya

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir resmi menunjuk Ketua Umum Pimpinan Pusat Pemuda Muhammadiyah Sunanto sebagai Komisaris Utama sekaligus Komisaris Independen PT Istaka Karya (Persero). Pengangkatan Sunanto sebagai komisaris BUMN itu dilakukan pada Jumat, 8 Januari 2021.

Cak Nanto (Muhammadiyah).

Sunanto yang akrab dipanggil Cak Nanto ini lahir di Sumenep, 24 September 1980. Sejak  mahasiswa telah aktif di Ikatan Mahasiswa Mumahmmadiyah (IMM).

Pada 2004, saat masih menjadi mahasiswa Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) jurusan Syari’ah, dia didapuk sebagai Ketua Bidang Kader Dewan Pimpinan Daerah Ikatan Mahasiswa Mumahmmadiyah (IMM) Jawa Tengah. Pada saat yang sama, ia juga menjadi Ketua Umum DPD IMM hingga lepas jabatan pada 2009.

Pada 2008, Cak Nanto diangkat menjadi Ketua Bidang Hikmah Dewan Pimpinan Pusat IMM hingga 2010. Selanjutnya pada 2011, dia terdaftar sebagai Sekretaris DPD Komite Nasional Pemuda Indonesia Jawa Tengah hingga 2014.

Jejak Cak Nanto di organisasi otonom Muhammadiyah beranjak ke level nasional sejak 2018. Cak Nanto terpilih menadi Ketua Umum Pemuda Muhammadiyah menggantikan Dahnil Anzar Simanjuntak yang dipinang sebagai juru bicara kampanye calon presiden dan wakil presiden Prabowo Subianto-Sandiaga Uno kala itu, 

Cak Nanto pun terpilih sebagai Ketua Umum PP Pemuda Muhammadiyah dalam muktamar ke XVII.

Karena itu, dengan diangkatnya Cak Nanto menjadi komisari di PT Istaka Karya diharapkan menambah semangat dalam memajukan perusahaan BUMN tersebut. 

“Dengan adanya komisaris utama yang baru, kami berharap ini akan memberikan semangat, yaitu energi yang bertambah untuk  memperoleh produksi profitable sehingga dapat memajukan perusahaan BUMN yang memberikan kontribusi bagi Indonesia,” tutur Sekretaris Perusahaan Istaka Yudi Kristanto, Sabtu (9/1/2021). (tempo|ulul).

 

Post a Comment for "Erick Thohir Tunjuk Cak Nanto Jadi Komisaris Utama Istaka Karya, Ini Jejak Langkahnya"