Saat Jamaah Haji Wukuf di Arafah, Kain Penutup Ka'bah Diganti

Prosesi penggantian kais kiswah Ka'bah (foto Haramain info)

Dalam setiap tahun, Kiswah atau kain penutup Ka'bah diganti. Penggantian kain kiswah ini dilakukan saat jamaah haji berada di Arafa untuk melakukan wukuf.

Pada musim haji tahun 1441 H, Kiswah diganti pada Rabu malam (29/7/2020)  melalui sebuah prosesi yang dilakukan oleh staf Presidensi Umum untuk Urusan Dua Masjid Suci. Hal ini dilakukan  sesuai dengan tradisi tahunan sebelum puncak haji tiba.

Ahmed Bin Mohammed Al-Mansouri, wakil kepala Kepresidenan Umum untuk Urusan Dua Masjid Suci dan direktur jenderal Kompleks Raja Abdul Aziz untuk Ka'bah, kepada Saudigazette mengatakan, Kiswah  Ka'bah yang baru itu terdiri dari empat sisi dan sitar (tirai) untuk pintu.

Masing-masing dari empat bagian Kiswah diangkat secara terpisah. Kiswah yang baru dipasang dari atas dengan cara mengikit ujung kain Kiswah. Setelah tali sisi lama dilepaskan  maka akan menggerakkan sisi kain baru ke atas dan ke bawah.

Kemudian, sisi lama dihapus dari bawah dan sisi baru tetap. Dan proses itu diulang empat kali untuk setiap bagian sampai operasi selesai. Kemudian sabuk kiswah dijahit dalam garis, lurus dengan empat sisi

"Sebanyak 200 pengrajin Saudi terlibat dalam memproduksi kain Kiswah di Kompleks Raja Abdul Aziz," kata Al-Mansouri. (ihram|alfa).

Post a Comment for "Saat Jamaah Haji Wukuf di Arafah, Kain Penutup Ka'bah Diganti"