RA Al Khoiriyyah 01 Berikan Layanan Pembelajaran Terbaik Saat New Normal

Rakor di RA Al-Khoiriyyah (Foto KemenagJateng)

Selama pandemi Covid- 19, RA Al Khoiriyyah berkomitmen  memberikan layanan pembelajaran terbaik pada siswa dengan memantau perkembangan pembelajaran anak selama belajar mandiri di rumah. Dengan mengirimkan materi dan panduan pembelajaran terkait pentingnya menjaga kesehatan, life skill, dan penguatan karakter keagamaan.

Hal ini ditegaskan kepala RA Al khoiriyyah 01 Kecamatan Semarang Selatan, Mardiyah,  saat rapat koordinasi (Rakor) bersama guru RA setempat, terkait kesiapan new normal, Kamis (4/6/2020).

Rakor dititikberatkan pada peningkatan mutu home learning dalam rangka memberikan layanan pembelajaran terbaik di masa pandemi Covid- 19 dan tatanan new normal. Rakor dilaksanakan dengan menerapkan prokol kesehatan dengan memakai masker, menjaga jarak fisik, dan mencuci tangan sebelum dan sesudah masuk ruangan.

Dikatakan Mardiyah, selama masa pandemi, guru RA Al Khoiriyyah 01 tetap memberikan layanan pembelajaran dengan memberikan materi pembelajaran “ringan”, koordinasi dengan orangtua siswa menyangkut beberapa aspek perkembangan anak seperti, perkembangan aspek motorik kasar dengan penekanan birrul walidain, misalnya, membantu ibu di rumah. 

Pada aspek motorik halus dengan permainan sehari-hari yang menyenangkan, seperti mewarnai dan meronce.

“Selain itu, kami tekankan pada pentingnya menjaga kesehatan dan pembiasaan karakter keagamaan seperti shalat dan mengaji,” ujar Mardiyah dalam keterangan tertulisnya.

Selama masa darurat pandemi Covid-19 dan menghadapi tatanan new normal  peserta didik harus tetap belajar secara terarah. Meski melaksanakan belajar secara mandiri di rumah bersama orangtuanya, pembelajaran mereka tetap dalam pemantauan guru. 

Menurut Mardiyah, pembelajarannya pun dikemas melalui bermain yang menyenangkan agar tujuan pembelajaran tercapai. Sebab, tak semua orangtua mempunyai waktu dan kemampuan mengajar sebagaimana guru di sekolah.

Sebelumnya, Rabu (3/6/2020), pengawas Kemenag Kota Semarang, Drs. Amhal Kaefahmi, SH., M.Hum., M.Pd telah memberikan arahan dan koordinasi terkait dengan komitmen RA wilayah binaan, untuk memberikan pelayanan pembelajaran terbaik pada siswa selama masa Pandemi.

Amhal Kaefahmi meminta agar kegiatan RA Al-Khoiriyyah 01 pada masa pandemi Covid- 19 maupun pelaksanaan new normal dapat dipublikasikan, utamanya yang berkaitan dengan kesiapan dan komitmen RA Al Khoiriyyah 01 memberikan pelayanan terbaik bagi siswa. (kemenag|ulul).