Aden Wildan, Siswa MAN 2 Kudus Raih Penghargaan Animasi Tingkat Nasional

Aden Wildan Baihaqi 

Aden Wildan Baihaqi, siswa MAN 2 Kudus kelas XI MIPA 5,  meraih penghargaan karya animasi pilihan tingkat nasional dalam ajang Kompetisi Visualisasi Rempah/Jalur Rempah tahun 2020, yang diselenggarakan oleh Direktorat Pengembangan dan Pemanfaatan Kebudayaan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. 
Kompetisi ini di ikuti oleh ribuan peserta dari berbagai kategori yang digelar, meliputi pelajar, mahasiswa dan umum.
Aden Wildan Baihaqi, siswa MAN 2 Kudus (BCS Sains Boarding) berhasil menyisihkan ratusan siswa SMA/MA/SMK di seluruh Indonesia. Proses penilaian  melalui beberapa tahap. Pertama, seluruh peserta harus melalui seleksi tertutup yang dilaksanakan pada tanggal 7 -20 Mei 2020. 
Penilaian selanjutnya peserta mengikuti seleksi terbuka  yang di selenggarakan pada tanggal 21 - 31 Mei 2020. Sebagai puncak kegiatan lomba yaitu tanggal 5 Juni 2020 diputuskan beberapa pemenang kompetisi ini. Aden ditetapkan sebagai peraih penghargaan karya animasi pilihan.
Bagi Aden, penghargaan semacam ini bukanlah hal yang pertama ia raih. Pada tahun 2019 ia berhasil menyabet penghargaan special dalam kompetisi riset NYIA LIPI 2019. Namun kali ini ia mampu membuktikan kemampuannya lagi dalam kompetisi Visualisasi Rempah 2020 dan menyabet penghargaan melalui karya film animasinya yang berjudul “Rempah Mendunia”. 
Film karya Aden ini menceritakan tentang peran rempah Indonesia yang begitu berpengaruh dalam perjalanan sejarah Indonesia dan sejarah dunia. Film tersebut bisa kita saksikan melalui instagram dengan akun @wil_wildan_.
Selain hadiah uang pembinaan bagi para pemenang, panitia juga akan mengundang peserta kompetisi untuk mengikuti workshop peningkatan kualitas pembuatan “Poster dan Animasi” yang akan disampaikan oleh juri kompetisi melalui daring pada tanggal 17 dan 18 Juni 2020. 
Kemenangan di ajang kompetisi ini tak lepas dari tim pembimbing bidang riset, Ardian Awaludi, M.Si. dan Munirotun Roiyana, M.Si.
Kepala MAN 2 Kudus, Drs. H. Shofi, M.Ag. menyambut gembira dengan raihan prestasi yang dipersembahkan oleh Aden. Kepala MAN 2  terus mendorong peserta didik untuk berkompetisi di ajang nasional maupun internasional yang sudah menjadi target madrasah berbasis riset ini. 
MAN 2 Kudus terus mengembangkan riset di berbagai bidang untuk menyiapkan generasi yang berkualitas dan berdaya guna di masyarakat. (kemenag|alfa).