Songsong Wisuda Tahfidz Akbar, Pembimbing Genjot Hafalan Siswa MTsN 4 Lima Puluh Kota

SISWA MTSN 4 LIMA PULUH KOTA (KEMENAG SUMBAR)
Sejak dicanangkan Wisuda Tahfidz Akbar Tingkat Kabupaten/Kota oleh Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Sumatera Barat, Kepala MTsN 4 Lima Puluh Kota, Ermita menginstruksikan kepada pembimbing Tahfidz untuk terus menggenjot kemampuan siswa dalam menghafal.
Hj. Ermita ketika dihubungi Inmas memaparkan, sebanyak 78 siswa telah disiapkan untuk ikut ambil bagian dalam Wisuda Tahfidz Akbar.
 “Kita telah menseleksi siswa-siswa yang memiliki hafalan pada lebih kurang lima bulan belakangan. Dari seleksi yang dilakukan didapatlah 78 siswa yang kita anggap mampu untuk mempertahankan hafalan mereka. Kita juga telah mengkarantina ke 78 orang siswa selama dua minggu,” jelas Ermita seperti dilansir situs Kemenag Sumbar.
Baca juga: Sebanyak 1.073 Siswa Madrasah Tahfidz Ikuti Wisuda Akbar
Ermita juga menguraikan bahwa  untuk menjaga dan meningkatkan hafalan siswa, pihak madrasah mendatangkan guru pembimbing tahfidz.
 “Kita ingin siswa yang telah kita siapkan mampu menjaga hafalan mereka dan meningkatkannya. Kita memasukan jadwal tahfidz ini ke dalam jam tambahan pembelajaran siswa. Dan untuk menghadapi Wisuda Tahfidz ini kami sengaja mendatangkan guru pembimbing tahfidz dari salah satu yayasan Tahfidzul Qur’an Kota Payakumbuh, Kamil, Lc," terangnya.
 Terkait pelaksanaan Wisuda Tahfidz Akbar, Ermita menyebutkan kegiatan tersebut InsyaAllah dilaksanakan pada tanggal 8 April 2020 mendatang dengan di wisuda lansung oleh Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Sumatera Barat yang bertempat di Aula Politani Payakumbuh di Tanjung Pati.
 Dihubungi di mushalla pada kegiatan pembinaan tahfidz, Ustad Kamil menyebutkan siswa cukup antusias dalam menghafal Al Qur’an. Metode clasikal yang diterapkan akan mempermudah siswa dalam menghafal.
 "Metode yang kita terapkan sangat mudah dilakukan oleh siswa, salah satunya dengan membacakan sepotong ayat kepada mereka dan mengulanginya bersama-sama. Ini kita lakukan berulang kali. Setelah siswa hafal maka baru kita lanjutkan ke ayat yang lain,” jelas pria alumni sebuah universitas  Mesir ini.
 Alumni MAN 2 Payakumbuh ini juga memaparkan bahwa tidak ada yang sulit bagi siswa dalam menghafal ayat Al Qur’an. Pertama itu adalah niat dan kedua adalah kemauan. Dua point penting inilah yang harus dimilki oleh seorang siswa untuk bisa menghafal Al Qur’an.
 "Dua point penting ini juga berlaku untuk semua umur, anak-anak, remaja, dewasa ataupun orang tua. Kita berharap dengan pembinaan tahfidz ini siswa kita mampu tampil dengan baik pada wisuda nanti dengan nilai yang memuaskan,” tutur Ustdaz Kamil menutup pembicaraan siang itu. (kmg/alfa).

Post a Comment for "Songsong Wisuda Tahfidz Akbar, Pembimbing Genjot Hafalan Siswa MTsN 4 Lima Puluh Kota"