1.108 Petugas Haji Arab Saudi Jalani Vaksinasi Meningitis

mch/kemenag
BRNews.id - Sebanyak 1.108 petugas haji Indonesia di Arab Saudi menjalani  suntik vaksin meningitis di Asrama Haji Pondok Gede, Jakarta, Rabu (1/5/2019). Vaksinasi meningitis merupakakan syarat untuk masuk ke Arab Saudi.


Kepala Bidang Upaya Kesehatan Lintas Wilayah Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Kelas 1 Bandara Soekarno Hatta, Ade Irma.  Menurut Ade, pemerintah Arab Saudi memang mensyaratkan bagi jemaah haji dan umrah yang berasal dari negara lain,  pemberian vaksin meningitis dilakukan di negara asalnya,” terangnnya.

Ade menyampaikan di Arab Saudi banyak jemaah dari luar negeri yang menjadi endemis meningitis. “Jadi karena takut ketularan virus meningitis, maka vaksin tersebut menjadi syarat masuk,” tutur Ade.

Menurut Ade, dengan diberikannya vaksin, tubuh seseorang akan membangun imunitas. Demikian juga dengan pemberian vaksin meningitis. “Dengan vaksin ini, di tubuh sesorang dia akan membangun imunitas.  Kalau ada kuman masuk masik, tidak semua kuman masuk ke badan kita,” lanjutnya.

Setelah diberikan vaksin meningitis, petugas akan diberikan buku kuning international,  International certivicate of vaccination (ICV). "Nanti buku ini menjadi bukti bahwa jemaah maupun petugas sudah divaksinasi,” terang Muhajirin. (kmg/azka).

Post a Comment for "1.108 Petugas Haji Arab Saudi Jalani Vaksinasi Meningitis"